Uncategorized

10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Browser Microsoft Edge


Karena performa dari browser Internet Explorer kurang memuaskan, Microsoft kini merilis Microsoft Edge pada tanggal 29 Juli, didistribusikan bersamaan dengan upgrade Windows 10.

Bagi Anda yang belum tahu seperti apa performa dari Microsoft Edge, berikut adalah 10 alasan bahwa Anda harus menggunakan Microsoft Edge sekarang juga :

10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Browser Microsoft Edge

1. Kecepatan

Kecepatan adalah salah satu aspek yang harus dipertimbangkan saat Anda memutuskan browser yang akan Anda gunakan sebagai default.

Menurut Microsoft, Edge sekarang merupakan yang tercepat di pasar. Pada sebuah postingan blog, mereka mengklaim bahwa mereka “Chrome dan Safari pada Benchmark Javascript mereka sendiri”. Ditambah pada WebKit Suspinder, Edge 112% lebih cepat dari Chrome. Di Google Octane, Edge 11% lebih cepat dari Chrome. Dan App Jetstream, Edge 37% lebih cepat dari Chrome.

2. Informasi Halaman

Microsoft Edge menjadi browser pertama yang memungkinkan penggunanya untuk menambahkan catatan ke halaman web yang sedang dikunjungi.

Ini membawa banyak sekali manfaat bagi penggunanya. Sebagai contoh, orang yang suka memasak dapat memberi petunjuk tambahan atau perubahan resep dan kemudian mencetaknya atau berbagi dengan teman – temannya.

10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Browser Microsoft Edge

Perlu dicatat, ini akan bekerja jauh lebih baik jika Anda memilik komputer layar sentuh.

Untuk mengaktifkan fitur ini klik icon Pena Kertas di sudut kanan atas. Setelah selesai memberi catatan, kita bisa menyimpannya sebagai bookmark, berbagi melalui OneNote, atau menyimpannya ke daftar bacaan Anda.

10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Browser Microsoft Edge

3. Reading List

Ini bukan fitur yang baru, di Windows 8 fitur ini sudah ada namun sangat kurang sekali pemanfaatannya, mungkin karena sulit menemukan dimana letaknya dan cara menggunakannya.

Di Microsoft Edge fitur ini telah dipindahkan ke depan. Tentunya dengan fitur ini kita bisa mendapatkan layanan serupa menggunakan aplikasi dan add ons seperti Pocket.

10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Browser Microsoft Edge

Cara menambahkan item cukup sederhana, cukup klik icon favorit (Bintang) dan tambahkan ke daftar bacaan bukan bookmark.

10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Browser Microsoft Edge

4. Reading Mode

Kalau tadi reading list untuk mengoleksi daftar bacaan, kalau yang ini masih berhubungan yaitu reading mode, digunakan murni untuk membaca. Tujuan dibuatnya fitur ini adalah untuk menghilangkan iklan dan sidebar, dengan demikian akan memberikan pengalaman yang hampir mirip dengan koran.

10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Browser Microsoft Edge

Caranya cukup mudah, klik saja ikon buku yang ada di ujung address bar.

10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Browser Microsoft Edge

5. Peningkatan Keamanan

Yang terpenting dari browser adalah tingkat keamanannya, dan Internet Explorer kurang soal itu. Microsoft kini telah mengambil langkah besar untuk menangani masalah ini.

Mereka melakukan ini dalam berbagai cara. Mungkin yang paling penting adalah Edge kini merupakan sebuah aplikasi dari program sistem. Ini berarti model proses telah berubah secara fundamental.

Di sisi lain, teknologi pasport Microsoft telah ditingkatkan untuk perlindungan terhadap serangan phising, skema reputasi sertifikat telah diberikan fitur pelaporan baru, W3C dan IETF telah dibangun ke dalam mesin rendering baru.

6. Tidak Berantakan

Salah satu kritik terpesat yang diarahkan ke Internet Explorer adalah masalah kompleksitas yang tidak perlu disebutkan. Halaman “Internet Options” baru saja berkembang sejak akhir 1990an, dan pengaturan yang terbesar di seluruh program dengan cara yang tampak kacau.

Itu semua telah dihilangkan pada Edge, desainer melakukan pendekatan yang sangar minimalis. Halaman utama dibuat sebersih mungking, banyak pilihan berlebihan telah dihapuskan, dan sesuatu yang dianggap perlu namun non-esensial disembunyikan di Menu>Settings>Advanced Settings.

Dan hasilnya adalah sangat bersih dan pengalaman saat menggunakannya sangat berbeda.

7. Customizable Start Page

Start Page dapat kita ubah sesuai keinginan kita. Kita dapat melihat update seputar berita, ekonomi, otomotif, olahraga, dsb.

10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Browser Microsoft Edge

8. Cortana

Cortana telah membuat lompatan besar di asisten ruang pribadi, dan sekarang menjadi alternatif yang sangat mampu untuk Google Now dan Siri.

Setelah mengaktifkan Cortana untuk bekerja di Ujung dari menu pengaturan lanjutan, itu akan menawarkan segala macam manfaat. Misalnya, jika Anda melihat sebuah halaman web restoran itu akan muncul dan menawarkan arah dan waktu buka, jika Anda membaca artikel dan Anda tidak yakin tentang konteks kata atau frase Anda dapat klik kanan untuk meminta Cortana untuk informasi lebih lanjut.

9. Coding Support

Microsoft jelas merancang browser Edge untuk jangka panjang. Dengan melihat slide dari konferensi pengembang mengungkapkan betapa banyak teknologi maju, pemikiran telah dimasukkan dan banyak yang lama telah dibuang.

Misalnya, ActiveX, Browser Helper Objects (BHOs), VBScript: JavaScript, dan Vector Markup Language semua keluar, sementara JavaScript dan Scalable Vector Graphics ada.

10 Alasan Kamu Harus Menggunakan Browser Microsoft Edge

 Selain itu, tidak akan muncul lagi sebagai Internet Explorer ke situs (yang harus meningkatkan kompatibilitas), akan mendukung Object RTC (bentuk baru dari WebRTC), dan akan mencakup sejumlah ES6 persembahan bahasa. 

10. Extensions

Kabar buruknya, tidak ada ekstensi pada saat ini. Bahkan lebih baik mereka menggunakan yang sama seperti kode JavaScript dan HTML standar yang digunakan oleh Chrome dan Firefox, berarti ekstensi diprogram untuk salah satu dari mereka browser hanya akan memerlukan minimal coding untuk bekerja di Ujung juga.

Mereka diharapkan mulai menjadi tersedia segera.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dengan Menggunakan Microsoft Edge. Banyak pengalaman baru yang bisa kita rasakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya.


  • Rena Amelia

    artikelnya hasil translate ya? 😀