Editorial

10 Device Yang Bisa Anda Install Linux


Linux – Linux mungkin adalah OS yang paling serbaguna yang tersedia. Dapat diinstall di berbagai perangkat, sistem operasi yang open source yang digunakan dalam berbagai kegunaan, dari server web, komputer desktop, sampai ke gaming.

Aspek yang paling mahal dari linux adalah sumber hardware, bukan OS. Linux juga tidak hanya bisa diinstal di desktop melainkan dapat diinstall di berbagai perangkat. Lihatlah berbagai perangkat yang dapat diinstall Linux.

Desktop/Laptop Windows dan Tablet x86

Sebagian besar pengguna Linux mungkin menginstall Linux di komputer standar. Namun perlu Anda ketahui bahwa tablet Windows juga dapat diinstall Linux.

Tablet Windows terbagi dalam dua kategori, ada yang dengan processor ARM dan ada yang dengan processor x86. Untuk perangkat ARM tidak bisa diinstall Linux, tapi perangkat dengan processor x86 bisa. Jika Anda mengalami masalah dengan instalasi jangan khawatir, Anda juga dapat menginstall linux pada USB dan menjalankannya disana.

Jangan Lupakan Mac OS X

Tidak hanya komputer Windows yang dapat digunakan sebagai rumah untuk Linux. OS ini juga dapat diinstall pada perangkat PC lama. Atur sebagai booting pertama dari USB, dan install pada komputer MAC seperti MacBook Pro Retina.

Smartphone atau Tablet Android

Jika Anda telah benar – benar jatuh cinta terhadap Linux dan selalu ingin membawanya kemana – mana tetapi tidak memiliki komputer atau laptop yang sesuai, kemudian mempertimbangkan untuk menginstall pada smartphone atau tablet android. Maka cara terbaik adalah dengan mengunjungi www.xda-developers.com dan melakukan pencarian seperti “linux for [nama-device]”.

Sebagaimana Android dibangun di atas linux, sangat jarang untuk menemukan perangkat Android yang tidak menjalankan OS tersebut.

Linux Pada Perangkat Lama, Non Smartphone atau Tablet Android

Mungkin Anda memiliki beberapa ponsel atau tablet yang tergeletak di sekitar Anda yang Anda abaikan. Anda lihat tidak semua smartphone diciptakan sama. Beberapa memiliki fitur khusus, perangkat keras dan perangkat lunak yang mungkin memilki kompabilitas meningkat dengan sistem operasi lain.

Dua contoh, smartphone HTC HD2 Windows Mobile dan Tablet HP TouchPad. Kedua perangkat ini dapat menjalankan Android (HTC HD 2 dengan Ice Cream Sandwich) serta distro Linux.

Raspberry Pi

Keuntungan menggunakan Linux pada Raspberry adalah memungkinkan orang dapat memulai dengan sangat cepat, hanya dengan menggunakan kartu SD dengan disk image.

Sementara berbagai pesaing untuk Raspberry Pi muncul sejak diluncurkan pada tahun 2012, orang di belakang proyek, Eben Upton, tidak takut alternatif ini dan malah merilis Raspberry Pi 2. Raspberry Pi adalah perangkat Linux Utama, mencerminkan  OS fleksibilitas bawaan.

Linux di Konsol Game

Game Console juga menjadi tempat yang ramah bagi OS Linux. Proyek XBMC media center (sekarang dikenal dengan Kodi) juga mulai menggunakan media Linux yang dibangun untuk konsol Xbox, sedangkan konsol game sony semuanya telah menjalankan Linux.

Sementara itu Nintendo Wii juga bisa menjalankan Linux. Berikut adalah demonstrasi tentang cara menginstall Linux pada Nintendo Wii :

Jadi itulah 10 perangkat yang bisa Anda install Linux dan Anda bisa melakukan sesuatu terhadap itu seperti membangun web server atau untuk bermain game.