Editorial

10 Mitos Tentang Router, Keamanan, dan Konektivitas Yang Harus Anda Ketahui


Mitos Router – Sebagian besar konsumen benar – benar tidak mengerti router mereka. Itu tidak mengherankan. Router dan konektivitas adalah beberapa hal yang sulit dimengerti dan merupakan jargon intensif di dunia teknologi. Hari akan kita bahas beberapa mitos tentang router, konektivitas dan keamanan.

Mitos: Tidak Akan Ada Yang Inging Meretas Jaringan Saya

Ada dua mitos tentang alasan mengapa hacker tidak ingin menyerang jaringan rumah Anda.

  • Jika hacker menyerang jaringan rumah Anda, itu akan membuang – buang waktu mereka. Hacker keluar menyerang target yang besar, seperti selebriti, bank, dan perusahaan kartu kredit.
  • Jaringan yang lebih kecil lebih sulit untuk diretas, sehingga hacker tidak akan menghabiskan waktu untuk sebuah hadiah kecil.

Ingat itu hanyalah mitos. Yang pertama jelas, tetapi untuk yang kedua perlu sedikit penjelasan. Pemilik jaringan berpikir bahwa mengurangi daya pancar pada router nirkable ke sekitar daerah rumah Anda, maka tidak ada yang bisa menemukan jaringan Anda. Jika seorang hacker tidak bisa menemukan jaringan Anda, maka dia tidak bisa meretas jaringan Anda.

Hal itu dapat teratasi oleh hacker.

Hacker dapat menggunakan antena berdaya tinggi yang mampu mengambil koneksi di dekatnya. Hanya karena orang tidak dapat terhubung ke WiFi Anda, bukan berarti hacker tidak dapat membuat sambungan yang sama bahkan dari tempat yang lebih jauh.

Mitos: Saya Tidak Perlu Router Dual/Tri Band

Banyak yang berpikir bahwa routet dual/tri band untuk penggila konektivitas yang selalu mencari hal – hal besar dalam perkembangan teknologi termasuk router. Tapi yang benar adalah, kebanyakan dari kita dapat menggunakan setidaknya router dual band.

Dengan memisahkan perangkat Anda ke beberapa band, pada dasarnya itu memperluas jaringan dengan memisahkan perangkat Anda ke band mereka sendiri. Misalnya, ada sebuah smart TV pada satu band, komputer bekerja pada band yang lainnya, dan memainkan item seperti iPad, iPhone, dsb pada band ketiga.

Memisahkan perangkat – perangkat tersebut pada dasarnya akan meningkatkan keandalan yang lebih besar di seluruh jaringan.

Mitos: 2,4 GHz/5GHz Adalah Superior dan Router Anda Harus Tetap Terhubung Dengan Band Ini Setiap Waktu.

Ada sedikit kebenaran akan hal itu, namun tidak sepenuhnya. Setiap band memiliki kekuatan dan kelemahan. Misalnya, 5GHz mengungguli 2,4GHz ketika digunakan untuk jaringan yang ramai. Sementara 2,4GHz mengungguli 5GHz ketika digunakan pada jarak yang rentang dan bahan penetrasi seperti beton.

Jika Anda mengalami penurunan ketika saat – saat penggunaan internet mencapain puncaknya, maka Anda harus beralih ke 5 GHz. Jika Anda hanya menelusuri facebook dari WiFi sambil bersantai saya rasa 2,4 GHz lebih baik.

Mitos: Pengaturan Router Tidak Harus Disentuh (Dengan Asumsi Didirikan Oleh Seorang Profesional)

Hal ini dimungkinkan karena rasa takut. Penjual dan installer ISP yang mungkin dapat mensetting router. Tetapi kebenarannya adalah Anda dapat login, dan harus cek pengaturan tersebut.

Disarankan agar Anda tidak mengelola pengaturan tanpa tujuan apa pun. Tetapi ada beberapa pengaturan yang dapat Anda ubah yang dapat memiliki dampak besar pada keamanan konektivitas jaringan. Berikut :

  • Beralih ke standar yang lebih baru (Jika ada): Jika Anda menggunakan router baru, ganti dari N ke AC, itu dapat membuat perubahan besar dalam kecepatan koneksi.
  • Mengubah jenis keamanan: Beberapa router dibiarkan terbuka atau dengan keamanan WEP yang rendah. Anda harus menggunakan WPA2 dengan enkripsi AES dan sandi yang sangat kuat.
  • Mengubah username dan password default: Jika tidak diganti akan sangat berbahaya, bisa jadi ada orang yang bermain – main dengan pengaturan router, atau membahayakan jaringan.
  • Nonaktifkan WPS: WPSbiasanya diaktifkan secara deafult. Ini dirancang untuk membantu orang menghubungkan perangkat mobile mereka tanpa harus mengingat password, tetapi meningkatkan kerentanan keamanan yang signifikan dalam jaringan Anda yang memungkinkan Hacker untuk brute force jaringan Anda.

Bukanlha ide yang buruk untuk login ke router Anda dan mengecek sesuatu.

Mitos: Menonaktifkan SSID Menyembunyikan Jaringan Saya Dari Hacker

Salah. Pikiran di sini adalah bahwa jika Anda menonaktifkan SSID Anda maka nama jaringan Anda tidak dapat muncul di daftar WiFi perangkat rekan Anda. Itu tidak sepenuhnya benar.

PC yang menjalankan Windows 7 atau yang lebih baru, akan tetap mendeteksi jaringan, mereka hanya tidak akan menampilkan nama untuk jaringan itu. Untuk hacker itu sangat sepele. Seorang hacker dapat mengatur jalur akses menggunakan SSID jaringan Anda, komputer Anda akan secara otomatis terhubung, tanpa ada izin dari Anda.

Mitos: Tidak Perlu Upgrade Router Jika Masih Bekerja

Setiap beberapa tahun kita melihat standar WiFi yang baru dirilis (terbaru adalah standar AC) yang meningkatkan konektivitas dan kecepatan jaringan. Jika kecepatan mulai melewati 50Mbps, “N” menjadi standar yang berpotensi memperlambat Anda.

Mitos: WEP Aman, Sepanjang Anda Menggunakannya Dirumah

WEP is never safe.

Sebelumnya saya sudah menulis tentang WPA2-AES, tapi semua yang Anda benar – benar harus tahu adalah bahwa WEP telah ditinggalkan. Para ahli menempatkannya hanya pada tingkat keamanan yang disediakan jaringan terbuka, dan saat itu memungkinkan untuk hack WEP dalam hitungan menit dengan smartphone.

Mitos: Ketika Menggunakan WPA2-AES, Router Saya Tidak Bisa Diretas

Pernyataan tersebut memang ada benarnya, ekripsi AES sendiri secara teoritis sulit dipecahkan. Estimasi waktu yang digunakan untuk memecahkan AES menggunakan teknik brute force adalah miliaran, iya miliaran tahun (Anda tidak salah baca).

Sekarang, bukan saatnya untuk mengatakan hacker tidak bisa mengaksesnya. Meskipun benar bahwa kemungkinannya nol mereka bisa memecahkan enkripsi, mereka tidak perlu memecahkan enkripsi untuk mengakses data Anda. Anda lihat, AES memiliki satu kelemahan utama, yaitu ketergantungan pada manusia untuk membuat password yang kuat.

Mitos: WPA2-AES Memperlambat Koneksi

Ini secara teknis benar, tetapi Anda dapat memperbaikinya dengan upgrade sederhana. Router modern memiliki hardware yang dibangun untuk menangani enkripsi AES.

Jika Anda mengalami perlambatan yang signifikan dari koneksi WiFi Anda, kemungkinan itu menggunakan AES pada router yang lebih tua. Router tua sering memerlukan upgrade firmware untuk membuat mereka bermain baik dengan enkripsi AES yang lebih baru. Kadang – kadang ini menyebabkan masalah yang berkaitan dengan perubahan, seperti menurunnya jaringan.

Mitos: Saya Tidak Butuh Koneksi Terenkripsi, Karena Sudah Ada Firewall/Antivirus

Firewall dan antivirus membantu melindungi Anda dari program online atau yang sudah Anda download sebelumnya yang dapat mencuri informasi atau menyesiakan akses remote ke komputer Anda saat Anda mengakses web.

Enkripsi dirancang untuk melindungi data transmisi yang dikirim dan diterima antara komputer dan router. Baik enkripsi dan perangkat lunak antivirus atau firewall (atau keduanya) diperlukan untuk membuat Anda aman saat online.

Itulah beberapa mitos tentang router. Ada pertanyaan tentang ini?


'