Programming

11 Tutorial Programming Yang Direkomendasikan di Youtube


Jika kamu ingin memperlajari pemrograman, saya rasa di internet banyak sekali sumber-sumber yang bisa kamu baca  untuk dijadikan bahan belajar secara otodidak. Banyak pilihan mulai dari dokumentasi, artike, bahkan dalam bentuk video pun banyak.

Pertanyaannya, kamu lebih suka yang mana? Melihat dokumentasi? Artikel? atau Video? Pastinya akan terdapat beberapa perbedaan dalam hal penyampaian materi. Misal dalam video kita bisa menikmati tutorial dengan interaktif, seoalah pemateri berinteraksi dengan kita. Berbeda dengan artikel atau dokumentasi kita bisa menyesuaikan kecepatan dalam membaca dan memahami teksnya.

Namun bukan berarti tutorial dalam bentuk video sulit dimengerti, malah kita bisa mendapatkan konten yang terstruktur, padat berisi, dan sangat luas, sehingga kita yang mendengar akan merasa puas dengan tutorial yang didapat.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan tutorial pemrograman dalam bentuk video. Saya merekomendasikan beebrapa tutorial video youtube di bawah ini.

1. General Programming

Nama tutornya adalah Daniel Shiffman. Saya sering mengikuti berbagai video tutorial dari The Coding Train. Sungguh, penyampaian materi sangat interaktif dan menyenangkan. Mungkin itu adalah efek karena menyampaikannya dengan energik. Soal konten tidak diragukan lagi, akann dibahas secara mendetail sehingga memudahkan kita untuk memahami. Pada chanel The Coding Train kamu bisa mendapatkan berbagai tutorial pemrograman, tidak hanya itu hal-hal yang mendukung dalam pemrograman juga ada seperti Git.

2. C++

C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sulit. Namun ketika kita baru ingin belajar pemrograman, bahasa C++ ini sangat direkomendasikan untuk dipelajari. Karena kita akan mudah memahami dasar-dasar pemrograman seperti variable, tipe data, operator, dsb.

3. C#

C# juga menrupakan bahasa yang sangat baik untuk dipelajari. Bagi siapa saja yang sudah terbiasa dengan Java atau .Net, pasti akan mudah untuk memahami ini. Tidak menutup kemungkinan juga bagi teman-teman yang baru belajar pemrograman.

4. Java

Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Sangat banyak tutorial java di Youtube. Cave of Programming merupakan salah chanel yang direkomendasi buat kamu yang ingin mendalami Java. Cocok juga buat seorang pemula, kontennya mudah dipahami.

5. JavaScript

Mungkin beberapa developer web menganggap JavaScript sulit dipahami. Namun tidak demikian, jika kita belajar memahaminya dari yang paling dasar, JavaScript akan mudah dipahami untuk kedepannya. Dalam web development, javascript sangatlah power full dibagian Front-End.

6. Python

Menurut saya bahasa python sangat ringkas dalam penulisan code. Bahasa ini sangat baik untuk dipelajari. Python dapat membangun aplikasi diberbagai platform, baik desktop maupun web. Oleh karenanya tutorial dari Corey Schafer sangat direkomendasikan buat kamu.

7. Ruby

8. Android Development

Ini dia, aplikasi mobile saat ini banyak dikagumi oleh banyak pengguna. Banyak juga developer yang mencoba beralih ke mobile. Nah jika kamu ingin mempelajari Android Development, saya sarankan untuk memahami terlebih dahulu pemrograman Java. Jika kamu sudah merasa cukup dengan java, chanel Cave of Programming saya rekomendasikan buat kamu.

9. iOS Development

Kalau tadi Android, sekarang kita beralih ke iOS. Jika kamu penasaran bagaimana membuat aplikasi iOS, kamu bisa menggunakan Swift. Chanel Jim Campagno bisa kamu jadikan referensi buat belajar Swift.

10. Web Development

HTML & CSS merupakan elemen penting dalam pengembangan Web, kalau javascript merupakan pendukung yang sangat diperlukan. Sangat banyak sekali tutorial di internet mengenai HTML&CSS, tapi jika Anda ingin belajar melalui youtube chanel ini saya rekomendasikan.

Django merupakan sesuatu yang sulit untuk dipelajari. Namun Django banyak digunakan dalam pengembangan web, khususnya Back-End. Ikuti tutorial Django pada chanel CodingEntrepreneurs, di sana Anda dapat mempelajari dari awal.

11. Game Development

Jika kamu ingin membuat game, banyak engine yang bisa digunakan. Industri game di Indonesia berkembang sangat pesat, momen ini bisa kamu manfaatkan jika ingin terjun di dunia Game Development. Chanel youtube yang bisa kamu jadikan referensi salah satunya ialah Brackeys.

Saya yakin masih banyak tutorial yang bagus di internet yang mungkin belum diberi di atas. Untuk itu kamu boleh merekomendasikannya di kolom komentar. Tutorial yang saya berikan di atas masih menggunakan bahasa inggris. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa mengaktifkan subtitle di Youtube.

Selamat belajar.


'