Uncategorized

3 Jenis Koneksi Wireless yang Bisa Digunakan di Komputer


3 Jenis Koneksi Wireless yang Bisa Digunakan di Komputer -Koneksi wireless semakin banyak disukai para pengguna komputer. Selain terlihat lebih simple dan lebih rapih, koneksi ini juga sangat efektif untuk digunakan. Bahkan kebanyakan orang akan lebih memilih beralih dari koneksi kabel ke koneksi wireless.

Pada komputer ada 3 jenis koneksi wireless yang bisa digunakan untuk transfer data. Ketiga jenis koneksi ini bisa menjadi pilihan bagi Anda jikga ingin beralih dari koneksi kabel. Ketiga koneksi yang dimaksud adalah koneksi selular 3G atau 4G, wifi atau wireless fidelity, dan Bluetooth.

3 Jenis Koneksi Wireless yang Bisa Digunakan di Komputer

3 jenis koneksi wireless pada komputer

1. Koneksi selular 3G dan 4G
Biasanya jaringan seluler ini lebih digunakan untuk komunikasi suara atau sering disebut voice. Namun, beberapa tahun terakhir ini, koneksi 3G dan 4G ini juga digunakan untuk komunikasi data. Koneksi ini melalui jaringan seluler 3G atau 4G dan merupakan koneksi tanpa kabel.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Satu alat tambahan yang dibutuhkan komputer untuk mendapatkan koneksi internet melalui jaringan selular adalah modem yang dilengkapi dengan paket langganan internet. Modem 3G dan 4G saat ini sudah banyak yang menggunakan konektor USB yang mudah dipasang serta digunakan.

2. Koneksi WiFi atau Wireless Fidelity
Media yang digunakan pada jenis koneksi ini adalah sinyal radio frequency 2.4 GHz dan 5 GHz. Komputer haruslah memiliki wifi adapter jika ingin tersambung ke jaringan menggunakan koneksi Wifi. Jenis slot yang didukung oleh wifi adapter ini antara lain, PCI, PCIe, dan USB. Yang paling banyak dipakai adalah wifi adapter jenis USB, karena simple dan mudah penggunaanya.

Beberapa perangkat yang biasanya sudah terdapat wifi adapter adalah smartphone, laptop, serta tablet. Koneksi Wifi ini sering dipakai untuk komunikasi sebatas jaringan LAN.

3. Koneksi Bluetooth
 Jenis koneksi bluetooth lebih sering digunakan sebagai penghubung antara perangkat tambahan pada gadget yang ingin terhubung ke perangkat utama. Misalnya yang sudah memiliki koneksi bluetooth, mouse, keyboard, speaker, dll. Selain untuk menghubungkan perangkat peripheral, bluetooth uga bisa dipakai untuk menghubungkan komputer secara wireless agar nantinya dapat saling bertukar data. Bluetooth adapter adalah perangkat yang dibutuhkan oleh komputer agar bisa tersambung dengan koneksi via bluetooth. Pemakaian Bluetooth untuk komunikasi data jarang digunakan karena
jangkauannya yang relative dekat tidak lebih dari 3 meter saja. 


'