Tips

3 Tips Menghemat Uang Ketika Ingin Membeli Komputer Rakitan Sendiri


Komputer memang sudah bukan barang langka lagi, melainkan sudah menjadi barang wajib yang harus dimiliki setiap orang. Segala urusan akan cepat selesai dengan menggunakan komputer.

Komputer bukan hanya digunakan untuk pekerjaan saja, komputer juga menjadi sarana hiburan bagi kita seperti bermain game, menonton film, dll. Hampir segalanya bisa dilakukan dengan menggunakan komputer.

Saat ini komputer sudah semakin canggih, performas komputer itu sendiri semakin tinggi. Biasanya semakin canggih komponen – komponen yang ada dalam komputer, harga dari komponen tersebut tidak jarang menguras dompet.

3 Tips Menghemat Uang Ketika Ingin Membeli Komputer Rakitan Sendiri

Pada artikel kali ini, saya ingin memberikan tips kepada Anda yang ingin membangun komputernya sendiri, merakit sendiri dengan membeli komponennya satu – persatu, namun tanpa mengeluarkan uang yang berlebihan.

1. Belilah Komponen Yang Anda Butuhkan

Salah satu tips dari tips terbaik untuk menghemat uang adalah membeli komputer untuk memenuhi kebutuhan tidak lebih. Percuma kalau kita membeli komputer dengan spesifikasi yang setara dengan PC Gaming hanya digunakan untuk membuka browser atau membaca email.

3 Tips Menghemat Uang Ketika Ingin Membeli Komputer Rakitan Sendiri

Spesifikasi seperti itu sebenarnya baik, komputer tidak lemot, tapi alangkah sayangnya kalau hanya digunakan untuk keperluan seperti itu.

Jika ingin spek baik namun uang pas – pasan, sebaiknya bersabar dulu. Karena harga hardware komputer akan turun dari tahun – ke tahunnya.

Model – model baru akan keluar dipasaran, biasanya ini akan mendorong harga hardware lama menurun. Dengan demikian kita tetap bisa membelinya dengan harga ekonomis.

Beli apa yang Anda butuhkan untuk saat ini. Mungkin 3 tahun berjalan, Anda berkeinginan untuk mendapatkan performa lebih baik, Anda bisa mengupgrade suatu hardware tertentu. Itulah keunggulan komputer yang dapat diupgrade hardwarenya satu per satu, dari pada harus membeli satu paket lengkap.

2. Bandingkan Harga

Setelah Anda tahu bagaimana menentukan apa yang Anda butuhkan, kini saatnya Anda memilih barangnya. Setiap jenis hardware, biasanya harganya berbeda tergantung vendor dan kualitasnya.

3 Tips Menghemat Uang Ketika Ingin Membeli Komputer Rakitan Sendiri

Berbicara tentang ini, kita harus pintar – pintar membandingkan harga yang murah namun tetap mendapatkan setidaknya dengan kualitas yang cukup, tidak perlu wah.

Misalnya saya ingin membeli RAM 1GB. RAM 1 GB untuk merk A harganya 200rb. Jika saya tidak berpikir dua kali mungkin saya sudah mengambil RAM tersebut. Tapi disini tidak, saya masih melakukan survei dengan mencari – cari info RAM 1 GB untuk merk lainnya. Ternyata di temukan RAM 1 GB untuk merk B yang harganya lebih murah yakni 150rb. Mungkin saya akan lebih condong memilih Merk B, jika saya tidak lagi menemukan yang lebih murah.

Soal kualitas, kita perlu juga memperhatikannya. Jika kalian ragu akan kualitas dari suatu vendor, Anda bisa bertanya – tanya kepada kerabat yang menggunakan hardware dari suatu vendor, Anda bisa menanyakan bagaimana kualitasnya, performanya, bertahan berapa lama? biasanya apa yang sudah pernah dialami itu berbeda dari apa yang ada di iklan.

3. Menunggu Harga Turun, Promo, Kupon

Butuh kesabaran mungkin untuk tips ini, dan kita juga harus rajin – rajin mencari informasi. Harga hardware komputer memang dalam jangka beberapa waktu akan menurun. Dan inilah yang mungkin bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan hardware yang diinginkan.

3 Tips Menghemat Uang Ketika Ingin Membeli Komputer Rakitan Sendiri

Selain itu kita juga bisa membeli barang dari toko – toko komputer yang sedang promo atau bazar besar – besaran. Disana biasanya harga jauh lebih murah, karena toko tersebut ingin mendatangkan banyak pelanggan. Ini biasa diadakan pada toko – toko yang baru buka.

Kupon. Ada juga nih toko komputer yang menyediakan kupon. Banyak bentuknya, ada yang besifat undian, ada juga yang bersifat poin. Untuk yang undian biasanya kalau kita membeli suatu barang, kita diberi kupon, dan kupon tersebut akan di undi setiap rentan waktu tertentu. Yahhh, kalau lagi beuntung kita bisa deh mendapatkan hadiah dari kupon tersebut, dan kali aja hadiah tersebut pas.

Itulah tips dari saya ketika Anda ingin membeli komputer rakitan sendiri. Banyak sekali aspek yang hars diperhatikan, mulai dari harga yang kalau bisa tidak menguras isi dompet, kemudian kualitas yang harus memnuhi standar, dan masih banyak lagi.