Tips

Cara Menggunakan Pencarian di Windows Explorer Hanya Dengan Mengetik


Secara default, di Windows Explorer ketika kita mengetikan sebuah huruf, maka halaman akan bergulir ke bawah menuju sebuah file atau folder yang di awali dengan huruf yang sama dengan yang kita ketik. Ini sangat membantu agar kita tidak perlu susah payah scroll ke bawah.

Tetapi ada fitur lain di Windows, mungkin Anda akan lebih suka dengan fitur ini. Kita bisa mencari sebuah file hanya dengan mengetik huruf tanpa harus mengklik kotak pencarian di Wndows Explorer. Ini sebenarnya menggantikan fungsi fitur default tersebut, ketika ktia mengetikkan sebuah kata, maka Windows Explorer akan mencari file atau folder yang mengandung kata yang kita ketikkan.

Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah, hanya mengubah sedikit pegaturan di Windows Explorer. Langsung saja, klik menu File->Change folder and search options.

search ketika megnetikan huruf di windows explorer

windows explorer

Di dalam kotak dialog Folder Options, pilih tab View, pada bagian ‘Advanced settings’ scroll ke bawah, cari tulisan ‘When typing into list view’, dan pilih ‘Automatically type into the Search Box’.

search ketika megnetikan huruf 2

Sekarang Anda sudah bisa menggunakan kotak pencarian hanya dengan mengetikkan huruf tanpa harus mengklik kotak pecarian terlebih dahulu. Selamat mencoba.


'