Uncategorized

4 Cara Install Linux Ubuntu di Komputer Windows


4 Cara Install Linux Ubuntu di Komputer Windows – Anda inging menginstall Linux Ubuntu atau distro lainnya di komputer windwos Anda ? Namun, masalahnya, Anda tidak 100% yakin. Bagaimana jika terjadi kesalahan ?

Untungnya, ada banyak cara di mana Anda dapat mencoba Linux Ubuntu dan melihat apakah Anda benar-benar menyukainya, dari menjalankan Live CD, menginstal OS dalam mesin virtual, menginstallnya berdampingan dengan Windows atau dual boot., sampai menginstall Ubuntu sepenuhnya di Komputer Windows.
 

4 Cara Install Linux Ubuntu di Komputer Windows

Anda bahkan mungkin memilih sepenuhnya (100%) meninggalkan Windows, dan menggantinya dengan Linux Ubuntu.

Apakah Anda Siap Beralih?

 
Hal pertama yang harus dilakukan adalah bertanya apakah Anda siap untuk beralih ke Linux. Ketika Anda membaca ini, itu merupakan pertanda baik bahwa Anda memiliki kecenderungan kuat untuk mencoba Linux, dan tempat yang ideal untuk memulai adalah dengan Ubuntu. 

4 Cara Install Linux Ubuntu di Komputer Windows

Sementara Linux tidak identik dengan Windows, Ubuntu adalah distribusi Linux yang paling mudah diakses, menawarkan antarmuka pengguna yang intuitif dan manajer paket yang solid.

Jika Anda merasa sangat berani, Anda mungkin telah menghabiskan beberapa waktu untuk berpikir tentang bagaimana menggunakan Ubuntu selayaknya hal baru, sistem operasi utama Anda, mengganti Windows sepenuhnya. Untuk ini, Anda akan perlu memahami bagaimana Anda dapat bermigrasi data dari Windows ke Ubuntu, dengan asumsi bahwa Anda akan benar – benar beralih.

Distro Linux Yang Harus Anda Pilih?

Seperti yang Anda ketahui, beberapa rasa dari Linux yang tersedia (baca : 34 Referensi Distribusi Linux Terbaik sesuai kebutuhan). Beberapa dimaksudkan untuk penggemar hardcore, sementara yang lain datang dengan antarmuka pengguna Windows, yang dirancang untuk membantu pendatang baru dari platform lain agar memudahkan jalan mereka di Linux.

Tidak ada alasan mengapa Anda tidak harus melihat pada daftar distribusi Linux terbaik dan mencoba beberapa alternatif.

Setelah Anda men-download distro Linux Anda, ingatlah untuk membakarnya ke DVD dalam persiapan untuk instalasi. Jika DVD tidak tersedia, perangkat USB flash juga dapat diatur sebagai media instalasi.

Namun bukan berarti Anda harus menginstal dulu.

Memulai: Uji dengan Live CD atau Virtual Machine

 Sebelum menginstal mungkin Anda perlu untuk mecoba beberapa fitur dari Ubuntu sehingga Anda benar – benar akrab dengan Ubuntu. Gunakan bootable installer ubuntu, nanti akan muncul dua pilihan Installl Ubuntu dan Live CD. Pilih Live CD.

Tidak semua distro Linux memiliki fitur Live CD, jadi beruntungklah kita di Ubuntu memiliki fitur Live CD yang bisa digunakan untuk menyicipi bagaimana rasanya menggunakan Ubuntu.
Untuk kemudahan beralih antara Windows dan Ubuntu, sementara itu pengujian OS pada kenyamanan Anda mungkin kurang fleksibel dengan Live CD (Anda tidak dapat beralih dari Windows dengan mudah ketika menjalankan distro Linux dari DVD), Anda mungkin mempertimbangkan menggunakan mesin virtual.

Anda dapat menjaga komputer utama Anda aman dengan menguji sistem operasi baru dalam mesin virtual. Secara singkat, alat bantu gratis seperti VMWare Player dan VirtualBox membuat PC software virtual menggunakan hardware perangkat Anda.

Menggunakan mesin virtual adalah cara mudah untuk mencoba Ubuntu Linux.

Dual Booting Windows 8 dan Ubuntu

Setelah mempelajari Ubuntu, Anda mungkin masih memiliki keraguan tentang beralih sepenuhnya. Jawabannya di sini adalah untuk dual boot Ubuntu dengan Windows, yang pada dasarnya dilakukan dengan membuat partisi baru pada hard disk drive komputer Anda dan menginstal OS Linux ke dalamnya, seperti yang dijelaskan dalam tutorial kami (Dual Boot Ubuntu dan Windows).

4 Cara Install Linux Ubuntu di Komputer Windows

Setelah instalasi, Anda akan melihat menu boot setiap kali Anda boot atau restart komputer Anda, sistem operasi Anda akan dijalankan sesuai pilihan Anda. Anda bisa memilihnya dengan menggunakan tombol panah di keyboard.

Ketika Membuat Kesalahan

  

Sebenarnya sangat jarang terjadi kesalahan dalam menginstall Linux, karena apa yang kita install itu tidak jauh berbeda dengan cara menginstall Windows. Namun jika memang benar – benar terjadi kesalahan tidak ada salahnya untuk beralih lagi ke Windows. Jika Anda telah menggunakan Live CD atau mesin virtual sejauh ini, ini seharusnya tidak menjadi masalah.
Namun, jika Anda menginstal Ubuntu dual boot bersama Windows, maka Anda mungkin akan lebih bahagia beralih kembali ke sistem operasi utama dan menghapus Ubuntu dari HDD Anda. Untungnya ini relatif mudah dan dapat dilakukan dengan aman, tanpa kehilangan data.

Proses ini melibatkan back up data Linux Anda ke perangkat eksternal, kemudian beralih ke Windows untuk menghapus partisi dan mengembalikan MBR.

Sementara itu, jika Anda memutuskan untuk beralih sepenuhnya, ya Anda cukup menggunakan OS baru ini, Anda dapat menginstal Ubuntu sebagai sistem operasi tunggal komputer Anda, ideal untuk membawa komputer lama kembali ke kehidupan atau menikmati fungsi baru pada perangkat modern. 

Apakah Anda memiliki rencana untuk dualboot dengan Ubuntu atau distro lain di komputer Windows Anda ? Silahkan berkomentar dibawah ini. 

'