Uncategorized

4 Tips Aman Belanja Gadget Via online


Pintar KomputerPerkembangan teknologi internet dewasa ini sangatlah pesat. Sehingga dapat memudahkan setiap user untuk memanfaatkannya. Mulai dari akses informasi, komunikasi, dan bahkan transaksi pun sekarang bisa dilakukan secara online (secara online).

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa perkembangan teknologi internet sekarang turut memudahkan kita untuk melakukan transaksi jual-beli online atau lebih kita kenal dengan istilah e-commerce. Dengan sistem ini, Anda bisa memsan barang pilihan, misalnya gadgets dan barang-barang lainnya di toko online. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot keliling kota hanya untuk berbelanja gadgets, karena layanan e-commerce tadi bisa Anda terapkan dimana saja dan kapan saja.

4 Tips Aman Belanja Gadget Via online

Namun, dibalik kemudahan berberlanja secara online, Anda tidak boleh lengah dalam memperhatikan sisi keamanan saat memilih toko online atau pun saat melakukan transaksi. Bisa-bisa bukannya mendapatkan barang yang diinginkan, malah kita menjadi korban penipuan oknum-oknum nakal. Nah, agar terhindar dari pnipuan ketika berbelanja via online, dibawah adalah tips yang bisa membantu kamu.

Belanja di toko online yang tepat

Langkah ini berguna untuk membanding-bandingkan produk, dan mengetahui review dari sesama pengguna, sehingga Anda bisa mengetahui situs belanja mana yang mengantarkan barang dengan baik, tepat waktu, dan barang sesuai pesanan serta memberikan rasa nyaman saat berbelanja online.

Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja

Cara ini dilakukan jika Anda berbelanja gadgets pada toko online yang kurang familiar. Periksa kontak si penjual, lalu hubungi mereka. Kalau tidak meyakinkan, Anda bisa mencari ulasan tentang situs tersebut baik melalui google ataupun yahoo. Jika hasilnya tidak beres, maka lebih baik untuk meninggalkan saja.

Perhatikan baik-baik kebijakansitus tersebut terhadap pelanggan

Ada beberapa hal kecil yang harus diperhatikan saat belanja online, antara lain soal privacy statements (pernyataan terkait kerahasiaan data) dan return policies (kebijakan soal pengembalian barang).

Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain.

Baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat, Anda boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Anda kembali.

Berhati-hati saat melakukan pembayaran

Dalam sistem transaksi, biasanya kebanyakan orang melakukannya melalui kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan.

Tapi sebaiknya mewaspadai phishing dan pharming atau teknik penipuan online yang bertujuan untuk mencuri informasi keuangan pribadi seperti nomor kartu kredit. 
Phishing adalah email penipuan yang seakan-akan berasal dari sebuah toko, bank atau perusahaan kartu kredit. Untuk pharming, sulit dideteksi karena mengacu pada sebuah halaman web palsu yang dibuat oleh penipu sehingga mirip halaman akhir dari sebuah situs belanja. 
Oleh karena itu, tips paling aman untuk melakukan transaksi ialah dengan metode COD (Cash on Delivery). Dengan begini, kita bisa langsung bertemu dengan penjual serta barang yang akan dibeli.