Uncategorized

4 Tips Untuk Memperbaiki 100% Penggunaan Disk dan Kinerja Windows


Komputer Anda sering hang. Anda menemukan bahwa drive sistem Anda berjalan 100%, sehingga kinerja dari komputer menjadi lebih berat. Jelas ini akan membuat sistem operasi berjalan lambat. Masalah ini dapat mempengaruhi Harddisk.

Kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda, tips ini tergantung dari apa yang menyebabkan masalahnya.

Kinerja Lambat? Periksa Penggunaan Disk Anda

Masalah kinerja ini adalah yang paling jelas ketika kita mencoba untuk menggunakan Pencarian (Tombol Windows + Q) untuk menemukan file atau program, dan hal lain yang memerlukan dorongan untuk melakukan beberapa pekerjaan, itu semua butuh waktu yang lebih lama dari biasanya.

Untuk menentukan apakah itu adalah masalah yang mempengaruhi Anda, saat komputer Anda melambat tekan CTRL + ALT + DEL dan pilih Task Manager. (Atau, klik kanan Taskbar dan pilih Task Manager.) Perhatikan bahwa ini mungkin memerlukan beberapa waktu untuk membuka drive yang lambat.

Pada tab pertama, Proses, cari kolom Disk. Jika Anda mengalami masalah dengan kinerja drive, ini akan 100%, dan berwarna merah untuk menunjukkan apakah Anda memiliki masalah atau tidak. 

Setelah Anda menemukan ada masalah, Anda memiliki beberapa pilihan yang tersedia.

Periksa Software Anti-Virus  

Seperti halnya masalah kinerja seperti itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah konfirmasi bahwa komputer Anda belum terinfeksi dengan malware. Anti Virus Anda harus dapat menangani hal ini, apakah itu sebuah aplikasi gratis atau berbayar. Setidaknya, alat-alat seperti Malwarebytes Anti-Malware harus dapat memindai drive sistem Anda dan mendeteksi masalah, meskipun dengan beban berat pada drive Anda ini mungkin memakan waktu cukup lama. 

Jika ancaman ditemukan, menggunakan rekomendasi perangkat lunak untuk membuang mereka, dan reboot, sebelum memeriksa kinerja drive Anda lebih lanjut. Mudah-mudahan dengan melakukan ini Anda sudah menyelesaikan masalah, jika tidak, maka malware tersebut bukan masalahnya.

Mungkin Flash?

Flash sudah menjadi faktor umum borosnya penggunaan disk pada Windows jika Anda menggunakan Google Chrome.

Di Chrome, ke address bar dan masukkan:

chrome://plugins

Sebuah layar pengaturan akan menampilkan daftar plugin terpasang. Jika Anda memiliki Adobe Flash terinstall yang biasanya digunakan untuk menggunakan layanan video streaming serta permainan browser, maka Anda akan menemukan plugin tersebut dengan nama Adobe Flash Player.

Klik tombol Disable; entri Adobe Flash Player akan berwarna abu-abu. Tunggu beberapa saat dan kemudian memeriksa Task Manager Anda. Masalah kinerja yang berkaitan dengan drive sistem Anda harusnya selesai. Coba restart Browser Chrome apakah ini masih menjadi masalah.

Disk Usage Seharusnya Jarang Menjadi 100% 

Sederhananya, ada sedikit alasan untuk beban disk Anda menjadi dekat dengan 100%, tentu tidak di penggunaan normal. Sebuah komputer yang lambat adalah salah satu masalah, dan jika Anda tidak dapat memperbaikinya dengan menonaktifkan browser plugin, menghentikan layanan, atau menjalankan perangkat lunak anti-virus Anda, maka masalahnya mungkin pada perangkat keras yang bersangkutan.

Mungkin drive Anda semakin tua, mungkin rusak, atau kabel mungkin harus diganti.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika komputer hang atau melambat.