Uncategorized

5 Fungsi Tombol Scroll Pada Mouse yang Jarang Diketahui Orang


Fungsi Tombol Scroll Pada Mouse yang Jarang Diketahui Orang – Secara umum, tombol mouse terbagi menjadi tiga, yaitu kiri, tengah, dan kanan. Seperti yang kita semua tahu kalau tombol bagian tengah mouse berbeda dengan yang lain, yaitu berbentuk seperti roda. Biasanya kita menggunakan tombol dengan cara diputar ke atas dan ke bawah atau simpelnya di-scroll.

5 Fungsi Tombol Scroll Pada Mouse yang Jarang Diketahui Orang
pixabay.com

Nah, selain di-scroll, kita juga bisa menggunakannya dengan cara ditekan layaknya dua tombol kiri dan kanan pada mouse. Ya, tentu tombol scroll jika ditekan akan memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Apa sajakah itu? Jika kamu sudah mengetahui fungsinya, pasti akan menjadikan kamu lebih mudah ketika mengexplorasi komputer. Berikut fungsi tombol tengah (scroll) pada mouse.

Open New Window

4 Fungsi Tombol Scroll Pada Mouse yang Jarang Diketahui Orang

Tombol scroll pada mouse bisa kamu gunakan untuk membuka window baru dengan cepat, dan ini berlaku untuk semua program aplikasi yang aktif ataupun tidak aktif dengan catatan icon shortcut program tersebut berada di taskbar. Cara kerjanya cukup mudah, tinggal kamu arahkan saja kursor ke icon shortcut program yang diinginkan, kemudian tekan sekali tombol tengah pada mouse (scroll).

Close Window

4 Fungsi Tombol Scroll Pada Mouse yang Jarang Diketahui Orang

Jika untuk membuka window baru kita bisa menggunakan tombol scroll, pun demikian untuk menutup window tersebut, kita cukup menggunakan tombol tengah. Caranya kamu arahkan dulu kursor ke icon program di taskbar, ketika mucul preview-nya arahkan kesitu kemudian tekan tombol scroll mouse. Hal ini lebih efektif ketimbang kamu mencari-cari tombol exit / klik kanan pada window tersebut.

Open New Tab

Tombol scroll juga bisa digunakan untuk membuka tab baru dari sebuah link di halaman website. Jika biasanya ingin membuka tab baru dari sebuah link dengan cara klik kanan > open link in new tab, kamu mesti coba cara baru dengan menggunakan tombol scroll. Cukup arahkan kursor ke link yang ingin dituju, lalu tekan tombol scroll pada mouse.

Close Tab

4 Fungsi Tombol Scroll Pada Mouse yang Jarang Diketahui Orang

Masih berurusan dengan aplikasi browser. Jika dengan tombol scroll bisa membuka tab baru, untuk menutup tab juga bisa menggunakan tombol ini. Caranya sangat mudah, tinggal arahkan kursor ke tab yang ingin ditutup, kemudian tekan tombol scroll.

Membuka Semua Link Dalam Folder Bookmark

Jika kamu menyimpan banyak link atau mem-bookmark banyak halaman website dan dijadikan dalam satu folder, kamu bisa membukan sekaligus. Ini lebih efektif ketimbang kamu membukanya satu per satu. Caranya seperti biasa, cukup arahkan

Itulah fungsi dari tombol scroll pada mouse yang ternyata sangat bermanfaat. Semoga berguna ya.. 🙂