Editorial

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli SSD


SSD – Hard drive merupakan komponen yang sangat penting dalam komputer. Tanpa adanya komponen ini kita tidak bisa menyimpan data apa pun dalam komputer. Harddisk merupakan salah satu hard drive yang banyak digunakan hampir di setiap komputer di dunia.

Tapi saat ini mulai dikenal hard drive jenis baru selain harddisk, yakni Solid State Disk (SSD). Apa perbedaan antara HDD dengan SSD?? Baca : Perbedaan HDD dan SSD.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli SSD

Sebagian besar orang menunda untuk menggunakan SSD dikarenakan biaya yang mahal dan kapasitas yang terbatas, belum lagi masalah kompabilitas. Namun jika Anda hendak membeli SSD, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti dibawah ini:

Harga

Dalam beberapa tahun terakhir, harga SSD mengalamin penurunan. Pada tahun 2010, harga rata – rata SSD sekitar $3,00 per GB, sedangkan pada tahun 2015 ada SSD yang dijual dengan harga $0,34 per GB.

Namun biar bagaimana pun, SSD masih lebih mahal daripada HDD. Misalnya, HDD WD 1 TB dapat dibeli seharga $53. Dibandingkan SSD yang memiliki harga 3 kali lipat dengan kapasitas setengah dari HDD.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli SSD

Jadi dalam hal yang ekonomis, HDD lebih direkomendasikan. Jika dana tidak terlalu banyak, maka pilihlah HDD. Namun jika dana dirasa cukup, mencoba SSD tidak ada salahnya.

Spesifikasi Fisik

Untuk membeli setiap hardware Anda harus melihat terlebih dahulu apakah kompatibel atau tidak. Jika Anda membeli SSD terbaik di dunia dan ternyata tidak kompatibel, maka sia sia, bukan.

Form Factor: Kebanyakan SSD modern dalam form factor 2,5 inch, yang kompatibel dengan laptop. Ukuran itu tidak cocok jika dipakai untuk penggunaan komputer desktop, biasanya memerlukan ukuran form factor 3,5 inch.

Ada yang perlu dicatat bahwa ada bentuk baru yang sangat populer. Standar M.2 (sebelumnya disebut NGFF). SSD ini kecil dan tipis, dimaksudkan untuk masuk ke dalam laptop ultra tipis dan komputer pribadi mini.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli SSD

Z-Height: Jika mendapatkan SSD dengan form factor 2,5 inch, bukan berarti itu cocok dengan laptop Anda. Anda juga harus memastikan z-height atau ketebalan yang cukup untuk laptop Anda.

Interface: hampir semua SSD memiliki interface Serial ATA (SATA), ada yang dengan kecepatan 3 Gbps dan 6 Gbps, itu semua tergantung dengan kemampuan komputer Anda.

Suara: Ini yang menjadi keunggulan dari SSD dibandingkan dengan HDD. Saat beroperasi SSD tidak mengeluarkan suara, karena tidak memiliki bagian mekanik yang berputar layaknya HDD.

Performa

Manfaat utama dari SSD dibandingkan dengan HDD dan mengapa begitu banyak orang yang lebih nyaman dengan SSD ketika sudah meninggalkan HDD, adalah karena pada kenyataannya SSD secara signifikan lebih cepat dibandingkan dengan HDD. Jika Anda memikirkan soal kecepatan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang SSD.

Tidak semua SSD dibuat sama, misal ada dua opsi :

 

Kapasitas Penyimpanan

Ada perbedaan penting antara SSD dan HDD beroperasi. HDD harus sering berurusan dengan fragmentasi disk, sedangkan SSD berurusan dengan penggumpalan sampah.

Ketika data ditulis ke SSD, itu ditulis dalam potongan yang disebut halaman. Sekelompok halaman disebut blok. Pada waktu tertentu halaman pada blok bisa semua kosong, penuh, atau terisi sebagian.

Karena cara SSD dibuat, itu tidak memungkinkan menimpa data yang ada. Sebaliknya, untuk menulis data baru ke sebuah blok yang terisi, seluruh blok harus dihapus.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli SSD

Untuk mencegah hilangnya data, informasi apa pun yang ada di blok pertama harus dihapus atau dipindahkan ke tempat lain sebelum blok bisa dihapus. Setelah data tersebut dihapus dan dipindahkan, data baru dapat ditulis ke blok yang sebelumnya ditempati.

Proses ini disebut penggumpalan sampah, membutuhkan ruang kosong untuk berfungsi dengan baik. Jika tidak memiliki cukup ruan yang tersedia, maka proses penggumpalan sampah kehilangan efisiensi dan melambat.

Untuk menjaga proses ini tetap berjalan dengan baik, sisakan antara 20% – 30% ruang kosong pada hard drive.

Anda juga harus mengkatifkan TRIM pada sistem operasi.

Umur Panjang

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Membeli SSD

Tidak seperti HDD, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak yang besar untuk operasi yang tenang, dan itu juga berarti tidak akan pernah ada bagian yang aus. Oleh karena itu kegagalan mekanis bukanlah hal yang harus dikhawatirkan.

Blok memori dalam sebuah SSD memiliki jumlah terbatas dalam menulis. Jika Anda terus – terusan menulis dalam SSD, mungkin SSD akan kekurangan kemampuan dalam menulis data lagi.

Umur yang diharapkan dari SSD adalah antara 5 sampai 7 tahun, merupakan titik dimana SSD rentan terhadap kegagalan.

Itulah hal – hal yang harus diketahui dari SSD sebelum membelinya. Semoga artikel ini berguna bagi Anda.


'