Uncategorized

5 Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Kuota Data Internet Cepat Habis


5 Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Kuota Data Internet Cepat Habis – Seperti yang kita ketahui, banyak sekali orang yang memilih berlangganan paket internet dengan sistem kuota. Meskipun terlihat lebih murah, tetapi bila dibandingkan dengan unlimited, saya lebih memilih unlimited.

5 Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Kuota Data Internet Cepat Habis

Ya, saya tidak akan membahas mengenai kuota atau unlimited. Namun ada hal lain yang akan saya bahas, yaitu kebiasaan / aktivitas di internet yang kerap membuat kita lebih boros, apalagi yang menggunakan sistem kuota data, bisa-bisa ngisinya tiap seminggu sekali. Nah, apa saja aktivitas online yang sering membuat kuota data internet kita cepat habis? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Streaming / Upload Video

Streaming video di youtube ataupun di situs sejenisnya memang sangat menyenangkan, namun hal ini cukup menguras kuota lho. Apalagi jika durasi waktunya lama ditambah kualitas video yang kita tonton termasuk HD, bisa-bisa tidak sampai 2-3 hari kedepan kuota sudah habis. Untuk video dengan kualitas HD, biasanya akan menghabiskan puluhan sampai ratusan MB permenitnya.

Sama halnya jika kita mengupload video, bahkan bukan cuma boros saja tetapi cukup membuat koneksi menjadi lelet. Ini karena batasan upload yang memang biasanya dikasih jatah kecil.

Download / Upload File

Mulai dari software, lagu, video, sampai game-game 3D.  Kalau kamu salah satu orang yang hobi melakukan hal ini, saya sarankan jangan berlangganan internet kuota, karena akan sangat boros penggunaannya.

Dan yang paling sering bikin kita kesal, ketika kita sedang download software atau game dengan ukuran besar, hampir selesai download (90%),  tiba-tiba koneksi terputus (dikarenakan jaringan atau kuota sudah habis) dan ternyata kita tidak bisa melanjutkannya. Bagaimana pendapatmu tentang hal ini?

Video Chat

Sekarang ini sudah banyak aplikasi video chat, seperti skype, hangout, dan lainnya. Tetapi kamu harus berpikir dua kali jika menggunakan fitur ini dengan internet kuota, apalagi jika kuota menipis.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Browsing Gambar HD

Mungkin kamu bakal bertanya-tanya, kok aktivitas seperti ini termasuk yang boros kuota? Ya, saya rasa tidak sepenuhnya salah ya dengan pendapat ini. Coba kamu bayangkan, satu gambar dengan kualitas HD saja bisa sampai berukuran lebih dari 3MB. Borosnya dimana?

Coba kalau kamu buka Google Image atau situs penyedia wallpaper, mereka pastinya tidak hanya menampilkan satu gambar saja. Nah, tanpa kita sadari kita telah menggunakan kuota yang sangat banyak kan?

Mengaktifkan Fitur Automatic Update 

Saya tidak mengatakan mengaktifkan fitur ini adalah kebiasaan buruk. Karena kita akan terbantu ketika kita lupa meng-update software yang terinstall di komputer atau OS itu sendiri. Namun, untuk kamu yang menggunakan internet kuota, saya rasa hal ini salah satu pemborosan, karena tidak jarang ukuran file yang kita download itu besar-besar semua. Jadi, ada baiknya jika menggunakan internet kuota, update software dilakukan secara manual, karena kita bisa mengira-ngira berapa ukuran yang akan didownload, dan mengukur sisa kuota kita. Pastinya kita tidak mau kuota yang tinggal sedikit tiba-tiba habis untuk update seperti ini.

Saya rasa beberapa hal di atas tadi sering menjadi penyebab borosnya penggunaan internet dengan sistem kuota. Jadi, setidaknya kamu sekarang lebih bisa memilih-milih mana yang bisa kita lakukan untuk menghemat kuota. Jika kamu punya pendapat lain, sampaikan saja melalui komentar. 🙂

sumber gambar: flickr.com