Uncategorized

5 Masalah yang Mungkin Terjadi Pada Layar Laptop


5 Masalah yang Mungkin Terjadi Pada Layar Laptop – Saat ini pengguna laptop semakin banyak, karena tingkat mobilitasnya yang lebih tinggi dibandingkan dengan komputer dekstop. Laptop lebih populer dipasaran karena banyak dari laptop yang dijual dipasaran sekarang ini sudah memiliki performa yang hampir menyerupai komputer dekstop dan tentunya ditambah sifat mobilitasnya.

Sama seperti komputer dekstop, laptop juga bisa mengalami berbagai macam permasalahan. Pengguna laptop selalu membuka tutup layar laptop ketika akan dan selesai menggunakan laptop. Hal ini sangatlah rentan akan kerusakan terhadap layar yang terdapat pada laptop tersebut.

Masalah terhadap layar ini sangat umum dan tidak jarang terjadi. Namun masalah ini sangatlah serius, karena laptop tidak akan pernah bisa digunakan tanpa menggunakan layar, kecuali laptop tersebut dihubungkan ke monitor. Hal ini menyebabkan banyak pemilik laptop panik, terlebih bagi mereka yang belum mengerti (awam dalam hal ini). Bisa-bisa mereka hanya membiarkan laptop tersebut tidak terpakai.

Berikut ini adalah lima permasalahan yang umumnya terjadi pada layar laptop. 

1. Layar retak

5 Masalah yang Mungkin Terjadi Pada Layar Laptop

Ada yang menyebut masalah ini dengan istilah “LCD-nya kena” atau sebagainya. Ya, memang masalah ini terdapat pada layar LCD, biasanya akan terlihat seperti retakan berwarna hitam. Solusi dari permasalahan ini adalah penggantian LCD yang baru.

2. Garis vertikal dan horizontal

5 Masalah yang Mungkin Terjadi Pada Layar Laptop

Akan sangat menyebalkan jikga pada layar laptop kita terjadi hal semacam ini. Garis-garis vertikal dan horizontal yang selalu bergerak mengecoh penglihatan kita terhadap layar. Tentu ini akan sangat mengganggu kita saat membaca.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Masalah ini disebabkan oleh salah satu graphics card rusak atau kabel video longgar. Dalam beberapa kasus, kartu atau kabel harus diganti. Namun, jika kita sedang beruntung, koneksi antara kabel dengan kartu hanya perlu dikencangkan saja.

3.Gambar yang terdistorsi

5 Masalah yang Mungkin Terjadi Pada Layar Laptop

Gambar terdistorsi dapat disebabkan oleh sambungan yang longgar atau komponen yang rusak, namun masalah ini bisa juga disebabkan oleh pengaturan tampilan dalam sistem operasi.

4. Black Screen

5 Masalah yang Mungkin Terjadi Pada Layar Laptop

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa saja menyebabkan masalah ini terjadi, tidak melulu masalah pada layar. Mungkin RAM yang kurang terpasang dengan benar atau ada komponen lain. Namun apabila anda sudah yakin kalau komponen lain sudah terpasang dengan benar, akan sangat sulit mendeteksi penyebab dari masalah ini.

5. Layar screen berkedip

Itulah masalah umum yang sering terjadi pada layar laptop. Layar memiliki peran yang vital dalam penggunaan laptop, tanpa keberadaannya kita tidak akan pernah bisa mengoperasi laptop. Jadi merwatnya sangatlah dianjurkan. Semoga bermanfaat. 🙂

Baca juga:


'