Uncategorized

6 Alasan Mengapa Penggunaan Wi-Fi Sangat Cocok Untuk Koneksi di Rumah Anda


Alasan Penggunaan Wi-Fi Sangat Untuk Jaringan di Rumah Anda – Jaringan internet sekarang ini sangat diperlukan, bahkan untuk kawasan terkecil sekalipun, seperti di rumahan. Ya, sekarang ini sudah banyak perangkat mobile yang digunakan oleh aggota keluarga, bahkan setiap orang dalam anggota keluarga bisa memiliki satu atau lebih perangkat mobile.

Nah, seperti yang sudah saya bilang, karena banyaknya perangkat mobile inilah, koneksi internet pastinya sangat diperlukan.

6 Alasan Mengapa Penggunaan Wi-Fi Sangat Cocok Untuk Koneksi di Rumah Anda

Bicara mengenai koneksi internet di rumah, lebih baik kamu mempunyai satu koneksi internet kemudian dibagikan melalui Wi-Fi agar setiap anggota keluarga bisa menikmati internet bersama. Hal ini lebih hemat daripada setiap perangkat harus tersambung ke internet dengan masing-masing satu koneksi.

Sebenarnya untuk membagi satu koneksi internet, tidak harus via Wi-Fi, kamu juga bisa menggunakan switch yang koneksinya via kabel. Tapi untuk kasus ini, saya lebih memilih Wi-Fi, mengapa? Yuk, simak beberapa alasannya. 

Alasan Menggunakan Wi-Fi di Rumah

1. Instalasi murah, mudah dan jangkauannya pas untuk di rumah

Untuk biaya instalasi, jaringan wireless ini termasuk murah loh. Perangkat yang dibutuhkan hanya Access Point sudah cukup. Dan perangkat access point pun sudah bisa terbeli dengan biaya tidak sampai 500rb. Selain murah, instalasinya sangat mudah dan pengerjaannya tidak memerlukan waktu yang sangat lama. Dan juga, instalasi pun terlihat lebih rapi jika dibandingkan koneksi kabel.

Mengenai jangkauan sinyal, saya rasa satu access point sudah cukup untuk menjangkau seluruh bagian rumah. Namun ada beberapa kondisi yang memungkinkan kamu untuk menambah satu perangkat AP, agar bisa maksimal.

2. Sudah banyak perangkat yang support Wi-Fi

Ya, seperti yang saya singgung di awal tadi, saat ini pengguna perangkat mobile di rumah saja sudah bisa dibilang banyak. Bukan tidak mungkin jika setiap anggota keluarga memiliki satu. Nah, menggunakan Wi-Fi sangat cocok, karena perangkat-perangkat mobile seperti laptop, smartphone, tablet, bahkan PC pun sudah bisa support Wi-Fi (dengan menambah adaptor lagi).

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Kebutuhan mobilitas perangkat sangat tinggi

Jika pergerakanmu tidak ingin dibatasi dengan kabel (misalnya), kamu ingin lebih aktif lagi saat bermain gadget, jaringan Wi-Fi merupakan solusi yang kamu butuhkan. Penggunaan Wi-Fi sangat memungkinkan tingkat mobilitas penggunanya yang sangat tinggi. 

4. Sudah banyak yang meninggalkan koneksi kabel

Perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, tidak memerlukan kabel untuk bisa saling bertukan data, karena pada dasarnya mereka sudah disupport dengan koneksi wireless. Bahkan sekarang, pengguna PC pun sudah mulai menggunakan Wi-Fi adapter agar bisa terkoneksi dengan Access Point.

5. Kebutuhan bandwith yang tidak terlalu besar

Sebenarnya, bila dibandingkan dengan jaringan kabel, jaringan Wi-Fi ini masih kalah dalam urusan bandwith. Tapi, mengingat area yang dijangkau hanya untuk di rumah saja, saya rasa kecilnya bandwith yang dimiliki Wi-Fi cukup untuk meng-cover pertukaran data antar penggunanya di rumah. Kamu bisa menggunakan Wi-Fi dengan infrastruktur 802.11ac, karena didukung dengan data rate mencapai 1GBps.

6. Penggunaan daya listrik cukup kecil

Kamu jangan khawatir dengan biaya listrik, karena rata-rata perangkat access point hanya membutuhkan tegangan DC 9 volt dan 0.85 A. Jadi, cukup hemat juga kan dari sisi penggunaan daya listrik?

Itulah beberapa alasan yang menunjukan seberapa cocoknya penggunaan Wi-Fi untuk area rumah. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak mengenai jaringan Wi-Fi, mungkin beberapa artikel di bawah ini sangat cocok untuk kamu.


'