Editorial

6 Custom ROM Android 6.0 Marhsmallow Terbaik


Android 6.0 Marhsmallow sudah dirilis sejak Oktober 2015, dan saat ini Google sudah merilis Android Nougat yang terbaru (Saat ini Nougat sedang dalam preview). Mungkin Kebanyakan dari kita memiliki smartphone yang belum dapat merasakan Android N, tidak masalah kita masih bisa kok merasakan Android M dengan rasa yang beda. Bahkan masih banyak juga ponsel yang belum mendukung Android M.

Jika Anda memiliki smartphone yang belum mendukung Android M namun Anda berkeinginan untuk memakai Android M di smartphone Anda, itu artinya Anda perlu menggunakan Custom ROM. Custom ROM ini tidak dikembangkan oleh pihak produsen, melainkan para developer yang memang fokus untuk pengembangan custom ROM.

Banyak sekali developer yang mengembangkan Custom ROM ini, Anda bisa mendapatkan ROM Marhsmallow untuk perangkat Anfa dengan mudah.

Flashing?

Apa itu flashing? Sederhananya adalah seperti kita menuliskan versi baru di smartphone kita. Jadi Android yang kita gunakan di smartphone akan di ganti dengan versi yang Android yang baru kita install di smartphone. Seperti itu.

Untuk memilih ROM, tidak semabarangan, Anda harus mengetahui codename dari perangkat Anda. Biasanya saya kalau mencari codename di google dengan cara ketik ““manufacturer codename for…” diikuti dengan nama perangkat.

Langsung saja di bawah ini 6 Custom ROM untuk Android 6.0 Marhsmallow.

CyanogenMod 13

CyanogenMod merupakan salah satu yang populer di antara custom ROM lainnya. CyanogenMod sudah berdiri sejak tahun 2008, dan pada tahun 2012 tercata sudah ada 1 juta pengguna aktif. Sampai saat ini sudah ada 50 juta perangkat yang menjalankannya.

CyanogenMod juga biasa disebut dengan CM, saat ini sudah pada versi 13, menawarkan pengalaman Android yang berbeda dengan custom icon, custom launcher, native apps, dan masih banyak lainnya.

Untuk menemukan ROM yang sesuai dengan perangkat Anda, Anda bisa mencari produsen di menu samping, lalu tingaal Anda cari ROM yang diinginkan.

Resurrection Remix

ROM yang satu terlihat sangat licin, banyak sekali fitur yang ada pada ROM ini seperti kustomisasi notifications drawer, loockscreen, quick settings, dan masih banyak lagi.

Untuk mendownload nya, Anda bisa menuju Link ini.

Dirty Unicorns

Ini merupakan salah satu ROM yang juga paling populer (mungkin kedua setelah CyanogenMod), Dirty Unicorns memiliki pilihan berbagai perangkat yang didukung seperti Google Pixel C, dan perilisan Marhsmallow terbaru hadir dengan Fitur keren.

Fling merupakan fitur navigasi berbasis gesture yang bisa dikustomisasi, Smartbar adalah overlay yang dapat dikustomisasikan untuk navigasibar default, Theme Tiles adalah tool untuk mengubah tampilan aplikasi berdasarkan tema yang dipilih.

OmniROM

Omni merupakan penerus dari CyanogenMod, tersedia pilihan paket Googla-Apps yang memberikan pengalmaan dengan Google Apps lengkap atau minimal. ROM ini termasuk cepat dan stabil untuk digunakan dalam jangka waktu lama.

crDROID

ROM ini menawarkan dukungan perangkat lebar, berbasiskan pada CyanogenMod, dan menggabungkan fitur dari ROM lain.

Dapat dikustomisasi, dan diantara banyak fitur salah satunya adalah kemampuan untuk langsung reSkin crDROID.

Cataclysm

Memiliki Smart Radio yang secara otomatis dapat mengubah mode daya radio tergantung pada konektivitas yang tersedia, sementara itu tersedia tweatk untuk navigasi, clock style, battery icon, dan NFC mode.

ROM ini tersedia untuk beberapa perangakt nexus.

Itulah beberapa Custom ROM untuk Android 6.0 Marhsmallow. Beberapa di antaranya mungkin adalah yang sedang Anda butuhkan.


'