Uncategorized

7 Alasan Mengapa Kita Menggunakan Linux


7 Alasan Mengapa Kita Menggunakan Linux – Mengapa Linux? Mungkin jika Anda menanyakan hal tersebut kepada para pengguna Linux, dijamin Anda akan mendapatkan banyak alasan yang beragam dari mereka yang menggunakan Linux. Pastinya alasan dari dari setiap pengguna berbeda antara satu dengan yang lainnya, dan alasan tersebut pasti merujuk agar Anda tergiur untuk ikut menggunakan Linux. Tentunya pernyataan tersebut bukan tanpa alasan. Banyak sekali hal-hal yang bisa mengundang minat orang untuk menggunakan Linux.

7 Alasan Mengapa Kita Menggunakan Linux

Sejak pertama kali diluncurkan oleh Linus Benedict Trovalds pada tahun 1991, Linux sudah menawarkan kode sumber terbuka. Inilah yang membuat respon-respon posiftif banyak didapat dari orang-orang diseluruh dunia. Mereka yang merespon baik, ikut berkontribusi agar sistem operasi Linux dapat lebih baik lagi.

  • Kode sumber terbuka inilah yang membuat minat orang tertarik untuk ikut menggunakan sekaligus mengembangkannya karena sangat memungkinkan mereka untuk mempelajari sistem operasi Linux itu sendiri.
  • Karena Linux gratis sehingga tidak memerlukan lisensi, dalam artian kita bebas menggunakannya. Secara spesifik ada 4 arti kebebasan: bebas menjalankan program, bebas mempelajari program dan mengadaptasi sesuai kebutuhan, bebas mendistribusikan ulang, dan bebas meningkatkan program dan mempublikasikannya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

  • Tidak kalah dengan windows, Linux terus berkembang. Linux juga sekarang ini sudah sangat kompatibel dengan perangkat-perangkat baru seperti halnya flashdisk dan bluetooth. 
  • Banyak aplikasi windows yang kini dapat dijalankan pada sistem operasi linux, dan yang pasti semuanya gratis. Jadi mereka yang baru migrasi dapat dengan mudah untuk menyesuaikan.
  • Linux itu berbeda dengan windows. Namun Linux bisa diinstall bersamaan atau berdampingan dengan windows (dual boot), baik itu dalam hardisk yang berbeda ataupun dalam satu hardisk yang sama. Hal ini sangat efektif bagi mereka yang masih belum ingin sepenuhnya menggunakan Linux.
  • Karena stabil, Linux sangat bisa diandalkan bila dijadikan server. Hal lain yang mendukung umumnya linux terbebas dari virus.
  • Tampilan antarmuka Linux sangat menarik, meskipun masih kalah dari MacOS. Kalaupun Anda kurang suka dengan tampilan default, Anda bisa mengedit tampilannya sesuka hati.
Selain ketujuh alasan di atas, tentunya masih masih banyak lagi. Hal tersebut tersebut tergantung dari penglaman masing-masing pengguna Linux. Semoga bermanfaat. 🙂