Uncategorized

7 Fitur Baru Pada Windows 10 Yang ‘Diabaikan’ Tapi Sangat Berguna


Fitur Pada Windows 10 Yang Mungkin ‘Diabaikan’ Padahal Sangat Berguna – Seperti yang kita ketahui bersama, Windows 10 hadir dengan banyak fitur-fitur baru yang mencolok, seperti Cortana, Virtual desktop, start menu, dan Microsoft Edge. Dan tentunya masih banyak lagi selain yang saya sebutkan itu.

Namun, dari sekian banyak fitur baru yang dihadirkan pada Windows 10, ternyata ada beberapa fitur yang kehadiran mungkin saja terabaikan. Padahal kalau kamu sadar akan kehadiran fitur ini, bisa jadi pekerjaan komputasi kamu pada windows 10 akan terasa lebih mudah lagi.

Lalu, apa saja fitur-fitur baru pada windows 10 yang tidak terlalu mencolok ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.

7 Fitur Baru Pada Windows 10 Yang'Diabaikan' Tapi Sangat Berguna

Mencetak Dokumen ke Format PDF

Biasanya untuk sekedar membuat dokumen PDF, kita selalu mengandalkan aplikasi pihak ketiga, atau kalau pada Office 2007 kita bisa menggunakan plugin. Tetapi pada windows 10, kita tidak perlu lagi repot-repot menambah aplikasi pihak ketiga. Pasalnya, Windows 10 telah memberikan fitur “Print to PDF“.

Fitur yang bisa kamu temui ketika akan mencetak dokumen ini (Ctrl+P) bisa merubah dokumen apa saja menjadi format PDF, entah dari word, excel, bahkan web browser sekalipun.

Fitur Baru Pada Windows 10 Yang'Diabaikan' Tapi Sangat Berguna

Timing Screecshoot Pada Snippin Tool

Snipping tool merupakan tool yang berfungsi untuk mengambil screenshoot yang built-in pada windows. Kehadirannya di windows 10 ternyata dibekali dengan waktu delay untuk mengambil gambar pada layar. Kamu bisa mengatur delay pengambilan gambar antara 1-5 detik.

Keyboard Shortcut Pada Command Prompt

Command prompt juga kebagian pembaharuan dari pengembang windows 10. Ya, sekarang kita bisa menggunakan shortcut keyboard ketika mengoperasikannya. Misalnya, shortcut Ctrl+V untuk paste.

Fitur Baru Pada Windows 10 Yang'Diabaikan' Tapi Sangat Berguna

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pengaturan Untuk Touchpad

Pada windows 10, sekarang kamu bisa mengatur penggunaan touchpad. Caranya kamu masuk ke Settings, kemudian masuk ke Device, lalu pilih Mouse and Touchpad. Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk beberapa perangkat dari produsen-produsen tertentu saja. Semua pengaturan touchpad bisa dilakukan disini.

Fitur Baru Pada Windows 10 Yang'Diabaikan' Tapi Sangat Berguna

Scrolling Jendela yang tidak aktif

Biasanya untuk melakukan scroll baik pada dokumen, berkas, maupun browser, sebelumnya kita harus mengakses aplikasi tersebut, dengan kata lain harus jendela yang aktif saja yang bisa discroll. Namun, pada windows 10, kamu juga bisa melakukan scroll terhadap jendela yang tidak aktif.

Fitur Baru Pada Windows 10 Yang'Diabaikan' Tapi Sangat Berguna

Pengatur Skala Monitor yang Baik

Skala monitor semakin ditingkatkan pada windows 10. Dengan secara otomatis, skala yang cocok untuk tampilan monitor kamu akan diatur oleh sistem. Untuk mengaksesnya bisa melalui Settings > System > Display.

Fitur Baru Pada Windows 10 Yang'Diabaikan' Tapi Sangat Berguna

Akses Cepat Pada Windows Explorer

File Explorer juga mendapat sedikit perbaikan. Ketika kamu membuka file explorer, secara default akan mengarah ke “Quick Access”, yang mana pada bagian ini kamu bisa melihat file dan folder apa saja yang sering diakses dan yang baru diakses. Kelebihan ini tentunya dirancang untuk membantu pengguna agar tidak kesulitan mencari file penting mereka agar lebih cepat.

Fitur Baru Pada Windows 10 Yang'Diabaikan' Tapi Sangat Berguna

Nah, itulah beberapa fitur yang mungkin terabaikan yang berhasil dirangkum. Kalau kamu bisa memanfaatkannya, tentunya akan sangat berguna. Semoga bermanfaat.


'