Uncategorized

8 Fakta Menarik Tentang Mouse Wireless


Pintar Komputer – Tidak henti-hentinya jika kita terus berbicara masalah perkembangan teknologi. Pasalnya, teknologi tidak akan ada hentinya untuk terus dikembangkan. Semua hal itu sudah bisa dibuktikan dengan hadirnya banyak barang-barang elektronik yang sangat fantastis.

Bila kita ambil contoh dari dunia komputer, salah satunya adalah mouse wireless. Sesuai namanya, mouse wireless tidak menggunakan kabel dalam penggunaannya melainkan menggunakan gelombang elektromegnetik sebagai sinyal yang digunakan untuk mengendalikan kurasor pada monitor. Mouse wireless sejatinya mirip dengan mouse-mouse kebanyakan, bahkan dalam penggunaannya pun tidak ada bedanya. Yang membedakan adalah media penghubungnya saja, yang biasanya menggunakan kabel, namun pada mouse wireless ini tidak.

8 Fakta Menarik Tentang Mouse Wireless

Mouse tanpa kabel ini jelas memberikan pelayanan yang lebih bagi penggunanya jika dibandingkan dengan mouse berkabel. Jika Anda kurang percaya dengan pernyataan tersebut, maka sebaiknya Anda mengetahui fakta-fakta apa saja yang ada pada mouse wireless ini. Berikut adalah 8 fakta menarik seputar mouse wireless.

Tidak ada kabel, jadi lebih lapang

Pada teknologi yang digunakan pada mouse wireless ini memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan mouse dengan komputer tanpa menggunakan kabel. Lebih tepatnya teknologi ini menggunakan 2 komponen tambahan yang diisyaratkan sebagai pemancar dan penerima, dengan demikian mouse bisa terhubung tanpa penggunaan kabel sama sekali. Jadi dengan mouse wireless maka tidak ada lagi kabel yang melilit-lilit di sekitar komputer PC atau Laptop anda. Dengan ini kita bisa merasa lebih lapang dan leluasa memainkan komputer tanpa harus terganggu oleh kabel yang melintang.

Menggunakan teknologi Bluetooth, Infrared dan Radio Frequency (RF)

Pada umumnya mouse wireless menggunakan 3 jenis teknologi untuk dipakai sebagai pemancar dan penerima antara mouse dengan komputer. Ketiga teknologi tersebut tidak lain adalah Bluetooth, Infrared dan Radio Frequency. Untuk mouse wireless yang masih menggunakan teknologi infrared sudah dianggap ketinggalan jaman. Karena kebanyakan mouse wireless yang sekarang lebih cenderung menggunakan teknologi bluetooth dan Radio Frequency yang memang dianggap lenih handal. Salah satu yang memperkuta hal tersebut adalah, teknologi Radio Frequency bisa menembus penghalang antara pemancar dan penerima, ini merupakan hal yang tidak bisa dilakukan oleh infrared.

Ada pemancar dan penerima siyal

Agar mouse dapat saling terhubung dengan komputer, maka 2 komponen utama yang dapat bertindak sebagai pemancara dan juga penerima sinnyal. Biasanya salah satu komponen akan terhubung langsung pada komputer melalui port USB sedangkan untuk kompuonen lainnya sudah terpasaang di dalam mouse.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Optical atau Laser

Saat ini mouse wireless menggunakan Optical dan laser yang memungkinkan performanya semakin baik. Mouse optical dirasa cukup baik. Namun bagi yang memiliki kebutuhan akan mouse dengan tingkat presisi yang tinggi maka sebaiknya memilih mouse wireless dengan pinpointing yang berakurasi tinggi juga. Untuk kebutuhan tersebut maka mouse Laser adalah pilihan utama. Mouse Laser memiliki respon time yang lebih baik dari mouse optical.

Jedah antara gerakan mouse dan pointer pada monitor

Teknologi wireless serta laser membuat jeda antara gerakan mouse dan pointer pada monitor sangat kecil. Bagi pengguna dengan kebutuhan yang biasa-biasa, jeda tersebut sama sekali tidak terasa. Bagi pengguna seperti para design grafis dan gamers, saat awal mungkin sedikit terasa aneh namun setelah beberapa saat mencoba maka semuanya akan terasa normal-normal saja.

Software Driver

Mouse tanpa kabel mungkin sedikit memiliki kekurangan yaitu harus menginstall driver terlebih dahulu sebelum digunakan. Meski saat ini beberapa vendor mouse wireless telah memproduksi mouse tanpa harus menginstall driver-nya namun lebih direkomendasikan untuk tetap meng-install driver terlebih dahulu.

Extra Power

Mouse wireless membutuhkan extra tenaga listrik sehingga si penggunanya harus menyiapkan baterei pada mouse. Ukuran baterei AA dirasa cukup membuat mouse tarasa agak berat dibandingkan dengan mouse biasa yang masih menggunakan kabel. Namun jangan khawatir mouse wireless cukup hemat energy sehingga penggantian batereinya dilakukan setelah melewati masa pemakaian yang cukup lama.

Harga

Untuk harganya sendiri sangat bervariasi, mulai dari 100 ribu sampai lebih dari 1 juta rupiah. Yang menjadi bahan pertimbangan adalah bentuk, desain, teknologi yang digunakan, optical, data tahan, dan baterai yang digunakan. Biasanya desain memiliki peran yang sangat penting bagi penggunanya, selain memanjakan mata desain juga mempengaruhi kenyamanan si pengguna, ini yang menjadi salah satu faktor mahalnya harga mouse wireless. Namun semua bisa terbayarkan dengan kinerja dari perangkat mouse tersebut.

Itulah 8 fakta menarik seputar mouse wireless. Jangan sampai kita tertinggal oleh teknologi yang semakin modern ini. Semoga bermanfaat.

Baca artikel populer lainnya:


  • Kalau jangkauannya di halangin gimana? ๐Ÿ˜€
    Salam kenal kawan ๐Ÿ™‚ — Irfan Andriarto
    Kalau mau ng'blog sambil bisnis Daftar di sini broh, GRATIS ! Lumayan kok di sini Daftar

  • kemaren ane beli harganya 50 ribu gan

  • Kalau di daerah padang kira-kira harganya brpa gan?

    • Untuk pastinya kurang tau juga. Tapi yang pasti harga menyesuaikan dengan kualitas dan setiap daerah punya variasi harga yang beragam.

'