Uncategorized

8 Pertanyaan Yang Harus Anda Tanya Ketika Hendak Membeli Router Baru


Ketika hendak membeli router baru, Anda pasti dihadapkan dengan banyak pilihan, jenis baru selalu dirilis setiap harinya. Tetapi jika Anda tahu pertanyaan yang tepat untuk ditanyakan, proses pemilihan jenis router akan lebih cepat, dan Anda akan puas dengan hasil yang didapat.

Berikut adalah 8 pertanyaan yang harus Anda tanyakan ketika membeli router:

Apa yang akan Anda butuhkan?

8 Pertanyaan Yang Harus Anda Tanya Ketika Hendak Membeli Router Baru

Mengetahui jawaban atas pertanyaan ini mungkin akan mempengaruhi jawaban atas semua pertanyaan yang Anda miliki. Apakah Anda hanya menggunakan internet hanya untuk mengirim email? Jika demikian, router yang biasa atau yang dasar mungkin sudah cukup.

Jika Anda menonton TV atau film melalui layanan streaming, Anda mungkin ingin sesuatu yang sedikit lebih kuat. Jika Anda bermain game online menuntut atau menghabiskan banyak waktu bekerja online dari rumah, mungkin layak untuk memaksimalkan kecepatan.

Berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan?

Pertanyaan ini hampir selalu muncul, dan itu adalah salah satu yang sulit untuk dijawab.

Jangan terlalu terjebak pada harga. Cari spesifikasi yang tepat, memeriksa beberapa model yang berbeda, dan Anda akan memiliki gagasan tentang apa yang harus Anda pilih untuk mendapatkan kinerja yang Anda cari.

Berapa banyak Band?

 
Salah satu hal yang pertama Anda lihat tentang router adalah bahwa ada router single, dual, dan tri-band. Sederhanya, apa artinya ini adalah bahwa Anda akan memilihi satu, dua, atau tiga jaringan yang tersedia.

8 Pertanyaan Yang Harus Anda Tanya Ketika Hendak Membeli Router Baru

Sebuah router single-band kemungkinan akan memberikan jaringan 2.4GHz tunggal, sementara router dual-band menawarkan jaringan 2.4GHz dan 5GHz. Perbedaannya terletak pada kecepatan, band 5GHz akan mengirim data lebih banyak pada tingkat yang lebih cepat. Tentu saja, ada juga kelemahan, sebagai sinyal frekuensi yang lebih tinggi memiliki lebih banyak kesulitan menembus dinding dan hambatan lain.

Router tri-band pada umumnya akan memberikan dua jaringan 2.4GHz dan 5 GHz. Apa alasan untuk memilih ini? Untuk memisahkan perangkat kecepatan tinggi dan rendah ke dua jaringan sehingga perangkat leih lambat tidak memperlambat yang cepat.

Pilih standar wireless yang mana?

 
Ada sejumlah standar nirkabel – 802.11a, 802.11b / g / n, dan 802.11ac. Jika Anda telah membeli komputer dalam beberapa tahun terakhir, Anda akan hampir pasti dapat terhubung ke jaringan 802.11n, yang telah menjadi standar nirkabel utama untuk enam tahun terakhir atau lebih. Ini memiliki potensi untuk memungkinkan koneksi ke 2.4GHz atau 5GHz jaringan, tergantung pada komputer Anda.

Standar 802.11ac baru secara signifikan lebih cepat daripada standar lainnya, tapi karena masih baru dan berkembang, banyak komputer tidak dilengkapi untuk menanganinya. Namun, jika Anda juga berencana untuk mengupgrade komputer Anda untuk mendukung wireless-AC, maka router 802.11ac adalah mungkin Anda terbaik, karena itu juga mundur-kompatibel dengan perangkat nirkabel yang lebih tua.

Bagaimana dengan kecepatan?

Spesifikasi router sering termasuk sejumlah kecepatan transmisi yang tercantum dalam megabit per detik (Mbps). Karena itu tercantum dalam satuan yang sama dengan kecepatan internet, itu dapat sedikit membingungkan – ini tidak ada hubungannya dengan seberapa cepat koneksi internet Anda. Ini hanya seberapa cepat router Anda dapat mengirimkan data. Jadi jika Anda memiliki koneksi 300 Mbps Internet, router 900 Mbps tidak akan membuatnya lebih cepat.

8 Pertanyaan Yang Harus Anda Tanya Ketika Hendak Membeli Router Baru

Untuk alasan ini, router dengan kecepatan yang sangat tinggi jarang mengambil keuntungan penuh. Untuk menemukan kecepatan koneksi internet Anda, menjalankan tes kecepatan untuk melihat seperti apa kecepatan upload dan download yang Anda dapatkan ketika Anda terhubung melalui kabel ethernet – Anda tidak perlu router lebih cepat dari itu, kecuali jika Anda berencana untuk upgrade koneksi Anda dalam waktu dekat.

Namun, jika Anda sering melakukan streaming file antara perangkat di rumah Anda – seperti mengirim musik dari hard drive nirkabel ke stereo Anda, atau menggunakan media center Raspberry Pi untuk menonton film, memiliki router berkecepatan tinggi akan membantu. Karena ini tidak dibatasi oleh kecepatan koneksi internet Anda, Anda akan melihat manfaat dari memiliki sebuah router lebih cepat.

Seperti apa keamanannya?

Anda cenderung untuk mengirim segala macam informasi sensitif melalui jaringan rumah Anda, sehingga mendapatkan router dengan pengaturan keamanan yang kuat adalah suatu keharusan. Standar keamanan terbaru adalah WPA2, jadi pastikan router Anda mendukungnya.

Apakah bisa menggunakan aksesoris?

Anda bisa pasang segala macam hal ke router Anda untuk memberikan mereka akses ke jaringan Anda, seperti printer, hard drive, TV, dan perangkat rumah pintar. Jika Anda berencana untuk menghubungkan sejumlah perangkat ke router Anda, pastikan ia memiliki cukup USB atau ethernet port untuk mendukung semua perangkat tersebut.

Manakah brand router yang terbaik?

Dulu bahwa Linksys adalah yang populer dalam router, tapi ruang produk telah menjadi jauh lebih besar selama sepuluh tahun terakhir atau lebih. Linksys masih besar, tapi Netgear, TP-LINK, ASUS, Securifi, TRENDnet, dan lain-lain telah merilis router berkualitas tinggi. Bahkan Google telah merilis sebuah router.

Hampir semua merek router nirkabel akan mencapai tujuannya. Jika Anda menemukan spesifikasi yang tepat pada harga yang wajar, itu mungkin dari sebuah perusahaan terkemuka. Jika Anda menemukan satu dari merek Anda belum pernah mendengar, mungkin ide yang baik untuk melakukan penelitian – memeriksa ulasan di Amazon dan melihat produk lainnya yang mereka buat.

Temukan router terbaik untuk Anda

Jika Anda memiliki ide yang baik dari apa yang Anda butuhkan, menemukan router terbaik untuk rumah Anda atau bisnis tidak terlalu sulit. Luangkan waktu mencari tahu persis apa yang akan Anda butuhkan dari router Anda dengan delapan pertanyaan, dan kemudian melakukan beberapa perbandingan harga. Dan jangan lupa untuk benar mengkonfigurasi router Anda setelah Anda mendapatkannya di rumah!


'