Editorial

Semua Hal Yang Baru di Android O: Fitur dan Perubahan


Android sebentar lagi akan mempunyai versi terbaru yaitu Android O. Banyak fitur baru dan beberapa perubahan di Android O dari versi yang sebelumnya. Dalam artikel ini kita akan bahas tuntas semua hal tentang Android O. Anda juga bisa melihat jadwal rilis Android O, seperti pada gambar di bawah ini.

Android O update schedule

Android O akan menjadi Android 8.0. Google telah membuat jadwal untuk peluncuran masing-masing pratinjau dengan developing priview kedua pada pertengahan Mei, mungkin bertepatan dengan Google I/O, yang ketiga pada pertengahan Juni dan keempat pada pertengahan Juli. Versi publik dari Android 8.0 akan rilis untuk mendukung perangkat Pixel, Nexus dan Android One, kemungkinan besar pada akhir Agustus atau awal September.

Notifications Shade

Ketika Anda geser ke bawah notifikasi bar Anda akan melihat perubahan visual di Android O. Strip toogle di bagian atas notifikasi bar sekarang mengambil sedikit lebih banyak ruang pada layar dan ada sedikit re-ordering dari toogle di Android O yang sudah ada sejak Nougat.

Selain jalan pintas ke menu setting dan Quick Settings, Anda juga sekarang bisa melihat ikon Wi-Fi dan koneksi seluler serta ikon baterai dan sisanya (yang ditampilkan di samping ikon baterai ).

Untuk pemberitahuan sendiri, mereka terlihat sama seperti di Nougat, lengkap dengan bundled notifications dan quick reply. Jika Anda memiliki beberapa pemberitahuan, ikon kecil untuk setiap pemberitahuan muncul di garis horizontal di bagian bawah.

Notifications Handling

Adapun penanganan pemberitahuan, ada beberapa hal yang akrab terjadi serta beberapa pilihan baru. Jika Anda tekan lama pada pemberitahuan Anda akan melihat sebuah toggle untuk Pemberitahuan, yang memungkinkan Anda untuk menonaktifkan semua pemberitahuan berikutnya dari aplikasi yang bersangkutan.

Namun, jika Anda menggesek pemberitahuan ke sisi samping, Anda akan mendapatkan dua ikon: satu untuk mengakses Notifications toggle dan clock icon untuk mematikan pemberitahuan sebentar. Jika Anda sentuh jam Anda akan secara otomatis menunda selama 15 menit tetapi Anda dapat membuka menu drop-down untuk menunda selama 30 atau 60 menit atau menonaktifkan tunda.

Quick Settings

Ketika Anda membuka layar Quick Settings, Anda akan melihat bahwa android masih memiliki skema warna yang berbeda untuk Pixels dibandingkan dengan perangkat Nexus. Nexuses memiliki latar belakang dark blue-gray dengan aqua accents sementara Pixel mempertahankan skema near-black dan bright blue accent.

Melihat dari Quick Settings sendiri, Google telah mengubah beberapa hal lagi. Di Android O, Quick Settings dengan garis icon (Wi-Fi, cellular, Bluetooth, Do Not Disturb) memiliki fungsi ganda. Anda dapat menekan ikon untuk toogle on/off, tetapi jika Anda menekan toggle bawahnya, Anda akan membuka menu pengaturan Mini sebagai gantinya.

App Badges

Android O akhirnya menambahkan dukungan asli untuk App Badges. App Badges adalah angka yang muncul pada ikon aplikasi untuk menampilkan jumlah notifikasi yang belum dibaca. Tentu saja, Anda akan memiliki kontrol penuh atas ini dengan toggle dalam pengaturan notifikasi aplikasi individu.

Menu Settings

Menu Settings adalah bagian di mana sebagian besar perubahan visual di Android O. Sebagai permulaan ada skema warna baru: baik Pixels dan perangkat Nexus mendapatkan pendekatan hitam dan putih tetapi Anda masih akan melihat nada biru.

Menu Settings juga terdapat sedikit perombakan. Perubahan besar dalam Android O adalah bahwa menu Settings jauh lebih pendek daripada di Nougat, tanpa kategori yang lebih banyak seperti “wireless and networks” “device” “sistem” dan “personal“. Sebaliknya, Android O memiliki bagian yang lebih deskriptif seperti “networks and internet”, “connected devices”, “apps and notifications” dan “security and screen lock”.

System UI Tuner

Seperti Nougat, Anda dapat mengaktifkan sistem UI Tuner untuk men-tweak hal-hal tertentu di Android O sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Untuk mengaktifkan UI Tuner, geser ke bawah notifikasi bar  atau Quick Settings dan tekan lama  ikon Settings. Anda akan melihatnya berputar dan merasakan getaran ketika opsi telah ditambahkan ke menu Settings.

Status Bar

Di Android O, Sistem UI Tuner sekarang bisa diakses di Settings> System. Berisi empat bidang (untuk saat ini): status bar, do not disturb, navigation bar dan lock screen. Status bar masih menyediakan daftar toggle untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Ikon yang Anda lihat di status bar, sehingga Anda dapat menghapus persisten ikon Bluetooth atau hotspot jika Anda inginkan.

Pilihan untuk menampilkan persentase baterai di dalam ikon baterai, yang merupakan pilihan Sistem UI Tuner di Nougat, tidak lagi tersedi. Di Android O persentase baterai akan terlihat di sepanjang waktu di status bar, tapi akan ditempatkan di samping ikon baterai, seperti pada tampilan Pengaturan Cepat.

 

Do Not Disturb

Jangan ganggu hanya menunjukkan dua toggle: satu toggle do not disturb mode di bawah slider volume dan satu lagi untuk menambahkan shortcut tombol volume sehingga do not disturb mode hidup pada saat Anda menekan tombol volume bawah setelah getaran.

Navigation Bar

Selanjutnya adalah navigasi, yang menambahkan banyak pilihan keren di Android O. Ada pilihan tata letak yang memungkinkan Anda memilih antara normal, compact, left-leaning or right-leaning (yang akan berguna pada perangkat besar) .

 

Anda juga dapat menambahkan tombol tambahan di sisi kiri dan kanan tombol navigasi di layar. Anda dapat memilih dari clipboard, keycode atau keyboard switcher. Clipboard memungkinkan Anda menyimpan sesuatu ke clipboard dan kemudian cukup tarik dari tombol di nav bar mana saja Anda ingin menjatuhkannya: trik yang sangat berguna untuk email, nomor telepon, dan barang-barang lainnya yang sering disisipkan salinan.

Keyboard switcher belum muncul tapi Keycode memungkinkan Anda menetapkan keycode numerik untuk tombol, Anda dapat menempatkan di kedua sisi tombol nav. Misalnya, Anda bisa menambahkan tombol cursor kiri dan kanan untuk pindah satu karakter ke kiri atau kanan daripada sulit menusuk jari Anda di layar, kemudian menetapkan Keycode 21 untuk tombol kiri dan Keycode 22 ke kanan. Anda kemudian dapat menetapkan tombol panah kiri dan kanan dan mulai mengedit kesalahan ejaan Anda.

Picture-in-picture Support

Seperti Android TV, Android O akan memberikan dukungan penuh untuk mode picture-in-picture. Anda sudah terbiasa dengan hal ini di aplikasi YouTube, yang mana videoterus bermain di jendela dengan mengambang kecil sementara Anda menavigasi ke area lain dari aplikasi atau aplikasi yang berbeda.

Audio

Sony menyumbangkan codec LDAC mereka ke Google untuk dimasukkan di Android O. Itu berarti jika headphone Bluetooth Anda telah dilengkapi LDAC, Anda akan mendapatkan kualitas yang lebih baik di Android 8.0. Tapi tidak hanya LDAC, Android O juga memiliki dukungan untuk APTX dan APTX HD serta SBC dan AAC. Ada juga pengaturan untuk tingkat sampel audio dan bit per sampel juga, ditambah Android O menambahkan AAudio API asli untuk aplikasi yang membutuhkan ketepatan yang tinggi, rendah latensi audio.

Android 8 Audio

Notification Channels

Saluran pemberitahuan adalah cara aplikasi untuk membagi pemberitahuan mereka ke berbagai tema yang dapat Anda pilih untuk dibiarkan atau diblokir secara individual. Jadi, bukannya memilih antara menerima puluhan notifikasi dari Twitter setiap hari atau tidak sama sekali, saluran pemberitahuan akan memungkinkan Anda untuk membiarkan membalas saluran secara langsung.

Anda akan dapat mengelola dengan cepat dengan menekan pemberitahuan aplikasi di notification bar atau melalui bagian aplikasi dan pemberitahuan di menu pengaturan.

Android 8 Notification Channel

Unknow Resource

Menambahkan aplikasi dari mana saja di luar Google Play biasanya mengharuskan Anda untuk pergi ke pengaturan keamanan Anda dan mengaktifkan Sumber tidak diketahui. Sekarang Anda juga harus memberikan izin untuk aplikasi yang Anda gunakan untuk men-download APK.

Misalnya, jika Anda ingin men-download APK via Chrome, pertama-tama Anda akan diminta untuk memberikan Chrome izin untuk menginstal aplikasi lain melalui “trust apps from this source” beralih di bagian akses khusus dari aplikasi dan pengaturan pemberitahuan. Anda hanya perlu melakukan ini sekali per aplikasi namun dan Anda selalu dapat mencabut izin di kemudian hari.

Android 8 Unknow Resource

Background Process Limit

Android O sangat akan membatasi proses background pada aktivitas aplikasi. Google telah mengoptimalkan Android untuk membatasi jumlah pemakaian yang menguras baterai dan penggunaan sumber daya aplikasi yang diizinkan untuk berjalan di background. Seperti yang kita lihat akhir-akhir ini, pengguna tingkat lanjut akan memiliki kontrol atas pengecualian untuk aturan ini, tetapi pada umumnya, Android O akan sangat membatasi proses pada background.

Adaptive Icon

Adaptive icon adaptif adalah cara yang wah untuk mengatakan bahwa Google berupaya untuk merapikan kekacauan ikon aplikasi yang tidak konsisten di Android. Mereka pada dasarnya memberikan pengembang aplikasi dengan beberapa template untuk setiap ikon yang beradaptasi dengan perangkat mereka. Jadi jika bentuk icon default aplikasi untuk ponsel Anda adalah persegi bulat maka itulah yang akan Anda lihat di seluruh papan.

adsdasd

Autofill API

API Autofill diperkenalkan di Android O hanya mencoba untuk membantu aplikasi mengelola password dan data formulir yang lebih baik daripada versi sebelumnya di Android. Sebagai catatan Google dalam posting blog-nya, “Pengguna dapat memilih aplikasi autofill, mirip dengan cara mereka memilih aplikasi Keyboard. Toko aplikasi autofill dan mengamankan data pengguna, seperti alamat, nama pengguna, dan bahkan password “. Kami harus menunggu beberapa saat sampai pengembang aplikasi membuat penuh penggunaan API Auofill di Android O, tetapi kita harus melihat manajer password jauh lebih mampu di masa depan.

Banyak sekali penambahan fitur di Android O yang sebelumnya tidak ada di Android N. Ada juga beberapa fitur di Android N yang lebih di kembangkan di Android O, bahkan ada fitur Android N yang dihapus di Android O. Pada intinya semua yang dikembangkan di Android O, untuk kebaikan penggunanya.