Uncategorized

Apa Itu 64-bit Dalam Sistem Komputer ? Apa Manfaatnya ?


Banyak sekali istilah yang memnuhi dunia teknologi. Salah satu istilah yang sering didengar adalah 64-bit, istilah tersebut menimbulkan banyak pertanyaan, apa itu 64-bit ? apa artinya bagi kita ?

Artikel akan memberikan penjelasan teknis dan praktis tentang 64-bit dalam sistem komputer.

Apa Itu 64-bit Dalam Sistem Komputer ?

Apa itu 64-bit ?

Informasi dalam  komputer biasanya dipresentasikan dalam bit, urutan biner (apa itu biner?) dari nol dan satu. Semakin banyak bit yang dimiliki, maka semakin banyak informasi yang dapat diwakilinya. Secara khusus urutan bit ini dapat mewakili bagian yang berbeda – beda dari infromasi.
Banyak komponen perangkat keras yang tidak bekerja dengan aliran data terus – menerus, melainkan memproses data dalam beberapa bagian, dibatasi oleh ukuran tertentu. Sebuah processor juga sama dibatasi oleh sebuah ukuran sebut saja word/kata : Unit Alami Processor Data. Antara lain, ukuran kata ini menentukan jumlah informasi yang dapat diproses dalam satu kali proses (selama satu siklus jam hardware) dan jumlah memori RAM yang dapat diakses.
Ketika kita berbicara tentang processor 64-bit, pada dasarnya berarti processor dengan ukuran kata 64-bit.

Apa Itu 64-bit Dalam Sistem Komputer ?
Sistem Operasi memiliki peran penting dalam berkomunikasi dengan komponen perangkat keras. Sistem Operasi yang menangi proses penjadwalan menangani memori dan akses penyimpanan. Untuk penggunaan penuh pada 64-bit hardware, Sistem Operasi perlu meningkatkan performa juga. Ini untuk alasan bahwa perbedaan 32-bit dan 64-bit dibawa oleh sistem operasi (misal, sistem operasi memiliki 2 versi yaitu 32bit dan 64bit). Sebuah sistem operasi 64-bit, maka itu dirancang untuk mengeksploitasi perangkat keras 64-bit.
Di pasar komputer, komputasi 64-bit digunakan untuk menunjukkan kombinasi perangkat keras 64-bit (processor khususnya) dan sistem operasi 64-bit.

Dari 32-bit ke 64-bit

Apa Itu 64-bit Dalam Sistem Komputer ?

Beberapa dekade yang lalu, processor 32-bit pada awalnya dirancang, panjang kata 32-bit sudah terlihat banyak. Saat itu, 4 MB memori adalah standar, sehingga 4 GB (memori menangani batas  processor 32-bit) dianggap astronomis. Perbedaan itu diharapkan untuk memberikan cukup penyangga untuk menahan ujian waktu.

Manfaat 64-bit Dalam sistem Komputer

Peralihan dari 32-bit ke 64-bit dalam sistem komputer memiliki beberapa manfaat praktis bagi penggunanya. Paling penting adalah efek pada kecepatas pemrosesan dan kapasitas memori.

Kecepatan dan Akurasi

Dengan ukuran kata 64-bit, ukuran pekerjaan yang dapat ditangani processor dua kali lipat. Yang lebih penting, spesifikasi x86-64 meningkatkan jumlah jumlah umum register dari 8-16, yang membuat processor 64-bit secara teknis lebih cepat.
Ini juga berdampak pada akurasi yang dapat dicapai oleh processor dalam pethitungannya, setelah semuanya, processor dapat menggunakan dua kali lipat bit untuk mewakili satu nomor. Dengan 64-bit, Anda dapat membuat lebih dari 4 miliar kali lipat kombinasi seperti yang Anda lakukan dengan 32-bit.

Dukungan Memori Lebih Besar

Ketika bekerja dengan RAM komputer, alamat memori yang digunakan. Alamat memori ini menyampaikan lokasi instruksi atau data dalam memori fisik komputer. Meskipun telah dirancang banyak skema pengalamatan yang cerdas, jumlah alamat yang tersedia tergantung dengan jumlah maksimum bit yang menyusun itu.

Apa Itu 64-bit Dalam Sistem Komputer ?
Untuk komputasi 32-bit, 4 GB dapat secara teoritis ditangani. Jika Anda menggunakan RAM lebih banyak dalam sistem 32-bit, tidak ada jalan bagi processor untuk merujuk pada memori tambahan tersebut. Beberapa sistem operasi mencadangkan bagian memori yang tersedia untuk kernel. Windows misalnya, biasanya mengklaim 1 dan 2 GB untuk digunakan kernel, selanjutnya menurunkan jumlah memori yang tersedia untuk aplikasi di ruang pengguna.
Jika Anda ingin menggunakan lebih dari 4 GB RAM, sistem 64-bit memberikan solusi. Dengan penambahan 32 bit memberikan 64-bit skema batas pengalamatan dari 16 exabyte (16 Miliyar Gigabyte atau 16 Juta Terabyte). Pada kenyataannya, jumlah itu lebih rendah.

Pemetaan Memori

Memori Komputer berkali lipat lebih cepat dari penyimpanan komputer bahkan penyimpanan SSD. Pemetaan memori digunakan untuk mempercepat beberapa interaksi penyimpanan. Mudahnya, apabila beberapa file sering diakses dari penyimpanan ke dalam memori komputer, itu akan mempercepat akses berikutnya.
Apa Itu 64-bit Dalam Sistem Komputer ?
Pemetaan memori telah digunakan oleh sistem operasi, sehingga hal ini bukan merupakan sesuatu yang baru untuk komputasi 64-bit.

Jadi apa yang sebaiknya ada di komputer 64-bit ?

Umumnya adalah aplikasi yang bekerja dengan data yang besar. Rata – rata text dan web browser tidak memerlukan banyak processor dan memori. Menggunakan komputer 32-bit itu saja sudah cukup.
Aplikasi yang bekerja dengan encoding, decoding, dan enkripsi bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari register tambahan dalam processor 64-bit. Salah satu contohnya adalah konversi video. Aplikasi 3D bisa mendapatkan keuntungan saat merender.
Apa Itu 64-bit Dalam Sistem Komputer ?
Saat diterapkan dengan benar, beberapa proses yang besar seperti multi tasking bisa mendapatkan keuntungan juga dari 64-bit.
Sistem apa yang digunakan oleh komputer Anda, 32-bit atau 64-bit ?

'