Learn

Apa Itu MU-MIMO? Apakah Teknologi Ini Dibutuhkan Dalam Jaringan Nirkabel?


Apa Itu MUMO?

MIMO singkatan dari “Multiple-Input, Multiple-Output”, dan itu mengacu pada bagaimana cara bandwidth dipecah oleh router dan didorong ke perangkat individu. Sebagian besar router modern saat ini masih menggunakan “SU-MIMO”, atau “Single User, Multiple-Input, Multiple-Output”. Dengan router ini, hanya satu perangkat dapat menerima data pada waktu tertentu. Ini berarti bahwa jika dalam jaringan Anda ada satu orang yang Streaming Anime dan yang lainnya menonton Youtube,maka dalam satu waktu tertentu hanya ada satu perangkat yang akan mendapatkan prioritas utama sementara yang lainnya harus menunggu sampai perangkat yang tadi diprioritaskan sudah menurun kecepatannya.

Biasanya perbedaan prioritas ini tidak terlihat. Meskipun router SU-MIMO hanya dapat membuka satu jalur pada suatu waktu, dan mereka melakukannya dalam suksesi yang sangat cepat, sangking cepatnya seolah-olah data dikirim sekaligus dalam satu waktu, padahal tidakk.

MU-MIMO atau Multiple User, Multiple-Input, Multiple-Output mampu memecah bandwith ini melalui jalur terpisah, sehingga setiap perangkat memiliki satu jalur yang masing-masing jalurnya merata. Router MU-MIMO memiliki model : 2 × 2, 3 × 3, dan 4 × 4, yang mengacu pada jumlah aliran yang dapat dibuat untuk setiap perangkat di rumah Anda. Dengan menggunakan MU-MIMO, secara bersamaan dapat mengirim data di empat arah sekaligus. Bisa diibaratkan, setiap perangkat mendapatkan router pribadi.

router mu mimo

Kelemahan MU-MIMO Saat Ini

Mungkin teknologi ini terdengan sangat baik. Tapi agar teknologi ini bekerja , baik router maupun perangkat penerima harus sama-sama mendukung MU-MIMO untuk berkomunikasi satu sama lain.

Untuk saat ini, router MU-MIMO hanya dapat disiarkan melalui protokol wireless 802.11 ac. Saat ini juga masih sedikit perangkat yang mendukung MU-MIMO. Sampai artikel ini ditulis, hanya ada beberapa laptop yang memiliki perangkat wireless yang dapat menerima MU-MIMO, dan juga beberapa smartphone serta tablet.

Masih Terdapat masalah pada pembatasan jalur yang tersedia. Saat ini MU-MIMO paling banyak mendukung 4 jalur, yang berarti bahwa jika terdapat perangkat kelima dalam jaringan, maka harus berbagi jalur dengan perangkat lain dengan cara yang sama seperti router SU-MIMO.

Terakhir, MU-MIMO akan mengirim sinyal searah jika beberapa perangkat yang menggunakannya berada pada tempat yang berdekatan, dan hanya akan berpisah ketika beberapa perangkat berada pada tempat yang berbeda. Misal, si Andi sedang browsing menggunakan laptopnya, dan si Budi berada di samping Anda sedang asik bermain game online di smartphone-nya, secara default kedua perangkat akan dipaksa untuk berbagi jalur.

Apakah MU-MIMO Sangat Diperlukan Pada Router?

Jika Anda memiliki empat atau lebih sedikit perangkat yang mendukung MU-MIMO, untuk menghubungkan secara bersamaan dari ujung-ujung rumah, maka router MU-MIMO bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.

Untuk saat ini, MU-MIMO mungkin hanya diperuntukkan bagi rumah tangga yang terdapat beberapa perangkat yang menggunakan banyak bandwith, dan berada pada tempat terpisah (lain kamar misalnya).

Mungkin saat ini belum banyak perangkat yang dapat memanfaatkan keuntungan dari teknologi ini, tapi bukan berarti router MU-MIMO tidak laya dicoba. Bagaimana pun teknologi ini berpotensi bagi masa depan internet rumahan.

Refrensi: howtogeek.com