Uncategorized

Apa itu OEM? Temukan Penjelasannya di Artikel ini


Pintar Komputer – Tidak sedikit yang bertanya-tanya tentang Apa itu OEM? Mungkin kamu sering menjumpai istilah windows OEM atau semacamnya sehingga muncul pertanyaan tersebut. OEM sendiri adalah singkatan dari Original Equipment Manufacture, yang berarti suatu produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan kemudian dibeli oleh perusahaan lain, kemudian dijual kepada public dengan brand perusahaan pembeli tadi.

Apa itu OEM? Temukan Penjelasannya di Artikel ini

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Sekiranya pengertian diatas sudah hampir jelas, namun kita ambil salah satu contoh yang paling banyak dijumpai.

Windows merupakan sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan Microsoft. Kemudian lisensinya dibeli oleh  beberapa perusahaan  komputer ataupun laptop seperti  Dell, HP, Toshiba, Samsung, dll. Lalu perusahaan laptop tersebut menjual laptop mereka yang dilengkapi dengan Windows secara bundle. Dalam kasus ini Windows tersebut merupakan Windows versi OEM, karena telah dibeli oleh perusahaan dan dijual dengan brand perusahaan tersebut secara bundle.

Intinya, produk OEM adalah SAMA dengan produk ORIGINAL serupa yang dikemas secara bagus ( Kemasan Ritel ). Istilah OEM banyak dipergunakan dalam industri dan yang paling banyak adalah dalam dunia Industri elektronik ( Laptop, Komputer, Printer, Ponsel dan lainnya ).

Yang harus diperhatikan dalam membeli produk OEM adalah ketelitian karena banyak sekali produk palsu yang mengaku sebagai ORIGINAL.

Baca artikel populer: