Uncategorized

Apa Saja Penyebab Requests Time Out (RTO) Saat Melakukan Ping?


Penyebab Requests Time Out (RTO) – Ping merupakan perintah yang sering kita jalankan ketika ingin mengecek koneksi jaringan dari satu komputer ke komputer tujuan. Tidak jarang ketika menjalankan perintah tersebut, pesan yang keluar adalah Requests Time Out ( atau sering disingkat RTO)

Apa Saja Penyebab Requests Time Out (RTO) Saat Melakukan Ping?
sumber gambar: chron

Pesan Requests Time Out ini sangat membantu kita dalam melakukan pengecekan koneksi. Kita bisa mendapatkan gambaran tentang penyebab gangguan yang terjadi pada jaringan. Namun, perlu kita ketahui juga bahwa pesan RTO ini tidak semata-mata menandakan gangguan pada koneksi jaringan. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang Requests Time Out saat melakukan ping.

1. Packet ping tidak sampai
RTO bisa dikarena paket balasan ping yang dikirim oleh komputer tujuan tidak sampai kepada komputer pengirim atau komputer asal. Tidak sampainya paket balasan tersebut bisa dikarenan terputusnya koneksi jaringan antara kedua komputer tersebut.

2. Peran Firewall pada router
RTO juga bisa disebabkan karena firewall yang berada pada router tidak mengizinkan paket ping melewati router tersebut. Hal ini memang sering terjadi pada beberapa kasus, dan beberapa diantaranya memang sengja dilakukan dengan alasan untuk keamanan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Kapasita Bandwith yang kecil
Kapasitas bandwith juga bisa menyebabkan status RTO saat kita melakukan ping. Alasannya bisa saja karena bandwith yang kecil tersebut sudah terisi penuh oleh data dan tidak dapat lagi menampung paket ping yang akan ditransfer. Sehingga proses pengiriman paket ping bisa gagal, walaupun berhasil akan sangat lama.

6. Banyaknya Hop atau Router yang dilewati
Banyaknya router atau hop yang dilewati oleh paket ping bisa juga menjadi penyebab RTO, karena paket balasan yang tidak sampai pada komputer pengirim.

Ya, itulah beberapa penyebab yang mungkin saja menyebabkan RTO saat melakukan ping. Jadi, tidak semua pesan RTO itu menandakan gangguan pada koneksi sebuah jaringan, bisa saja karena adanya firewall yang aktif dan tidak mengizinkan paket ping tersebut melewatinya.