Uncategorized

Apa Saja Perangkat Keras (Hardware) yang Dibutuhkan Untuk Membangun Jaringan Wireless?


Perangkat Jaringan yang Dibutuhkan Untuk Membangun Wireless Network – Koneksi internet menggunakan wireless, kini lebih diminati ketimbang menggunakan koneksi kabel. Alasanya mereka simpel, karena mudah diakses dari manapun, tidak harus terpaku di satu tempat saja, dan lain sebagainya.

Apa Saja Perangkat Keras (Hardware) yang Dibutuhkan Untuk Membangun Jaringan Wireless?
Foto: Flickr.com

Nah, untuk membangun jaringan wireless sendiri, ada beberapa perangkat yang perlu Anda persiapkan. Apa saja perangkat tersebut? Berikut ulasannya:

1. Wireless Network Adapter

Kalau perangkat ini berada pada sisi client. Setiap client harusnya menyediakan minimal satu buah wireless network adapter untuk bisa terkoneksi ke jaringan via Wi-Fi.

Semua laptop keluaran baru sudah built-in dengan perangkat ini. Namun untuk kamu pengguna PC desktop, kamu mesti menambahkan perangkat tersebut, karena biasanya tidak ada desktop yang dilengkapi wireless adapter. Ada dua macam wireless adapat yang bisa digunakan, yaitu berbentuk slot PCI dan USB.

2. Wireless Router / Wireless Access Point

Sama seperti pada jaringan kabel, kedua perangkat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan router atau switch, hanya saja media yang digunakan adalah wireless.

Untuk jaringan rumahan yang tidak terlalu besar, saya rasa cukup bila menggunakan satu perangkat ini. Terlebih jika perangkat wireless ini sudah support teknologi band yang terbaru, bisa menjangkau sebagian besar bangunan di sekita rumah.

Untuk lokasi bisnis atau perkantoran, saya rasa membutuhkan lebih dari satu perangkat untuk kenyamanan koneksinya.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Antenna Wireless

Biasanya wireless router sering memanfaatkan antenna untuk menambahkan ruang jangkaunya. Antenna ini sifatnya opsional alias dapat dilepas-pasang. Kamu bisa menggunakannya jika ingin jangkauannya luas.

Selain di sisi router, di sisi client juga bisa saja membutuhkan antenne. Fungsinya ketika tidak dapat menjangkau sinyal yang dipancarkan wireless router, dengan bantuan antena, wireless adapter bisa menjangkaunya.

4. Wireless Repeater

Sebuah wireless repeater dihubungkan pada wireless router atau wireless access point. Fungsinya adalah untuk menguatkan sinyal yang mulai melemah jika berada di jangkauan yang jauh dari pusat. Hal ini sangat membantu client yang kesulitan menjangkau wireless router atau access point.

Itulah perangkat yang kamu butuhkan untuk membangun jaringan wireless. Semoga bermanfaat.