Uncategorized

Apa sih Perbedaan Format Biasa Dengan Quick Format ???


Perbedaan Format Biasa Dengan Quick Format – Ketika hendak melakukan format terhadap flashdisk ataupun hardisk komputer Anda, biasanya akan terdapat 2 opsi metode pemformatan yaitu Quick Format dan Format Biasa. Lantas apakah perbedaan format biasa dengan quick format? Dan juga efek apa yang akan didapat jika kita melakukan salah satu metode tersebut? Mari kita simak ulasan berikut.

Kebanyakan orang termasuk saya sendiri akan lebih memilih quick format dibandingkan dengan format biasa. Mungkin hal ini bisa dikarenakn waktu yang dibutuhkan lebih cepat ketimbang format biasa. Sangat menggiurkan sekali bukan tawaran pelayanan yang diberikan jika kita memilih quick format. Namun terdapat perbedaan antara format biasa dengan quick format, walaupun format biasa memerlukan waktu agak lama dalam prosesnya, tetapi dengan metode format biasa flashdisk ataupun hardisk Anda akan diperiksa terlebih dahulu sebelum dilakukan pemformatan. berikut adalah perbedaan format biasa dengan quick format.
Metode Quick Format
Apa sih Perbedaan Format Biasa Dengan Quick Format ???Pada flashdisk ataupun hardisk yang di format menggunakan metode quick format, yang terhapus hanyalah filenya saja tanpa adanya pemeriksaan lebih lanjut terhadap device tersebut. Hal inilah yang membuat proses format pada metode ini lebih cepat. 
Ketika Anda melakukan quick format, mungkin saja kapasitas flashdisk atau harddisk anda mengurang, dan bisa saja file yang anda pindahkan mengalami corrupt atau rusak.
Metode Format Biasa
Pada metode format biasa ini, flashdisk ataupun harddisk yang hendak diformat akan terlebih dahulu dilakukan beberapa pemeriksaan setelah file yang ada terhapus. Pemeriksaan tersebut tidak lain bertujuan untuk mengecek indikasi bad sektor pada device tersebut. Sehingga tidak heran jika waktu yang digunakan pada metode ini akan sedikit lebih lama.
Ketika Anda menggunakan metode format biasa, maka flashdisk atau harddisk anda akan seperti dibangun ulang, atau kembali kepengaturan awal, dengan kata lain seperti baru lagi.
Nah, itulah perbedaan format biasa dengan quick format. untuk memilih metode mana yang akan dipakai, itu semua kembali lagi pada diri Anda ingin menggunakan metode yang mana. Secara garis besarnya, semua hal yang bersifat instan maka hasilnya tidak akan bagus, dan sebaliknya.
Baca artikel populer lainnya: