Uncategorized

Apa Yang Google Ketahui Tentang Anda ? Cari Tahu dan Kelola Privacy & Security Anda


Apa Yang Google Ketahui Tentang Anda ? – Apakah Anda pernah bertanya – tanya, seberapa banyak Google mengetahui berbagai hal tentang Anda ? Ternyata itu banyak sekali. Tapi untuk pertama kalinya, mesin pencari raksasa menawarkan cara bagi Anda untuk menawarkan informasi tentang Anda, cara mengumpulkan data, dan tools baru untuk memulai reklamasi privasi Anda.

Google telah meluncurkan My Account, aplikasi baru untuk mengetahui semua implikasi privasi dan keamanan menggunakan banyak layanan. Dalam sebuah Posting Blog, raksasa internet itu mengatakan, “Menurut penelitian Pew baru – baru ini, 93 persen dari pengguna berpikir itu penting untuk mengontrol akses informasi pribadi mereka, 90 persen peduli tentang jenis informasi yang dikumpulkan tentang mereka. Tapi hanya 9 persen yang merasa bahwa mereka memiliki banyak kontrol atas itu.

Jadi karena itulah Google memberikan layanan baru, berupa MyAccount.Google.com.

Dashboard Google - My Account

Ada 3 bagian utama di dashboard Anda, Masuk & Keamanan, Info & privasi pribadi, Preferensi akun.

Sign-In & Security

Apa yang ada di bagian ini

 

Keamanan My Account

Seperti namanya, Anda akan dapat mengontrol bagaimana Anda login ke akun Google (termasuk Google+ dan Youtube) serta mengaktifkan fitur keselamatan penting seperti Verifikasi 2 Langkah.

Pemeriksaan Keamanan

 

Keamanan My Account

Jalankan “Pemeriksaan Kemanan” dengan mengklik tombol Mulai. Ada empat langkah dalam hal ini, dan Anda harus hati-hati untuk mengisi data informasi Anda.


  1.  Periksa Informasi Pemulihan dan memperbaharuinya. Ini adalah yang digunakan Google untuk menghubungi Anda jika ada masalah dengan akun Anda, jadi ini sangat penting.
  2. Periksa peristiwa keamanan terbaru. Pastikan tempat dan waktu dimana perubahan seperti nomor ponsel dan kata sandi itu Anda ketahui.
  3. Periksa perangkat yang terhubung. Pastikan hanya komputer, tablet, dan smartphone yang sering Anda gunakan untuk mengakses akun Anda. Jika ada perangkat yang tidak Anda kenal, klik “Ada yang tidak beres” dan Google akan meminta Anda untuk mengubah sandi, dan orang lain tidak bisa masuk ke akun Anda lagi.
  4. Nonaktifkan akses untuk aplikasi kurang aman. Jika fitur ini dinonaktifkan maka aplikasi pihak ketiga yang kemungkinan tidak memiliki keamanan yang baik tidak bisa mengakses akun Anda, jika fitur ini diaktifkan maka sebaliknya.
  5. Periksa izin akun. Untuk memastikan bahwa tidak ada layanan yang tidak Anda kenal memiliki akses ke akun Anda. Lihat daftar layanannya baik – baik, klik hapus jika tidak penting.
  6. Periksa setelan gmail. Memastikan semuanya dalam kondisi baik. Google akan memberitahu Anda jika itu direkomendasikan untuk setiap kegiatan.
Keamanan My Account

Hal penting yang harus Anda lakukan

  1. Dalam Masuk ke Google -> Sandi & metode masuk -> Verifikasi 2 Langkah. Pastikan sudah ON.
  2. Dalam Aktivitas & notifikasi perangkat -> Setelan lansiran keamanan -> Kelola Setelan. Centang pada Check-box SMS.
  3.  Dalam Aplikasi & situs yang terhubung -> Izinkan aplikasi yang kurang aman -> Ganti tombol menjadi OFF.

Info dan Privasi Pribadi

Apa yang ada di bagian ini

Disinilah Anda mengelola informasi pribadi yang Anda tampilkan kepada dunia melalui layanan Google. Yang lebih penting, ini adalah dimana Anda juga bisa mengetahui informasi apa yang dikumpulkan Google tentang Anda, dan Anda bisa mengubah beberapa menjadi OFF.

Pemeriksaan Privacy

Privasi My Account
Jalankan “Pemeriksaan Privacy” dengan mengklik tombol Mulai. Ada empat langkah dalam bagian ini, Anda harus mengisi dengan hati – hati.
  1. Pilih informasi profil Google+ yang Anda bagikan ke orang lainAda beberapa alasan yang tetap meyakinkan Anda untuk menggunakan Google+, tapi itu tidak berarti Anda wajib membagikan data pribadi. Anda dapat mengontrol apakah Foto Anda, Youtube/Video, +1, Ulasan terlihat sebagai tab ke orang lain.
  2. Mengelola hal yang Anda bagikan di YouTubeLangganan youtube, apa yang Anda cari, video apa yang ditonton, apa yang terjadi dalam aktivitas kita, dan sebagainya. Anda juga akan mendapatkan link cepat ke video yang diunggah ke YouTube dan playlist Anda.
  3. Personalilasi pengalaman menggunakan GoogleBisa dibilang ini adalah bagaimana Google melacak Anda. Tempat dimana Anda melihat bagian dari penggunaan Google yang direkam. Daftar ini mencakup kegiatan Web(Termasuk aktivitas Google Chrome), Riwayat penelusuran & tontonan YouTube, Riwayat lokasi, Informasi perangkat,, dan Aktivitas suara & audio. Google memberikan pilihan kepada Anda untuk menonaktifkan atau mengaktifkan, tapi perlu diingat untuk tetap hati – hati dalam membaca setiap bagiannya.
  4. Buat iklan yang lebih relevan untuk AndaAnda dapat memilih iklan yang ditayangkan oleh Google kepada Anda.

Privasi My Account

Hal penting yang harus Anda lakukan

  1. Pergi ke Kontrol konten -> Pengelola akun tidak aktif -> Ubah setelan ini -> Penyiapan. Ini adalah aspek penting untuk memastikan bahwa akun Google Anda tidak jatuh ke tangan yang salah. Jika Anda tidak aktif dalam waktu yang lama, atau memastikan saudara terdekat bisa mendapatkan akses ke akun Google Anda setelah tidak aktif lagi, atau mengirim peringatan
  2. Pergi ke Kontrol konten -> Salin atau pindahkan konten -> Buat arsip. Disini Anda bisa mengarsipkan data Anda, dan mendownloadnya. Ini bisa menjadi file yang besar, tapi lebih baik memang jika selalu memiliki cadangan.

Preferensi Akun

Apa yang ada di bagian ini

Preferensi My Account

Anda dapat memeriksa pengaturan Bahasa, fitur aksesibilitas, penyimpanan Google drive, atau menghapus produk dan layanan Google. Ada pengaturan lanjutan untuk Google+ dan YouTube khususnya.

Apakah Anda percaya pada Google ?

My Account adalah langkah yang baik dari Google dalam membantu Anda mendapatkan kontrol lebih atas apa yang dia tahu tentang Anda dan apa yang dapat Anda gunakan dari data pribadi Anda. Tapi Anda harus bertanya – tanya, apa yang tidak diberitahu Google kepada kita tetnag data lain yang dicatatnya ?