Review Software

Base Converter – Aplikasi Untuk Konversi Bilangan Biner, Decimal, Oktal dan Hexadecimal


Anak-anak komputer pasti sangat familiar dengan macam-macam bilangan yang saya sebutkan pada judul artikel ini. Yaa, dalam dunia komputer kita mengenal banyak sekali macam-macam bilangan, ada desimal, biner, oktal dan hexadecimal. Masing-masing bilangan bisa di konversi ke bilangan lainnya, misal dari biner bisa kita konversi ke oktal atau desimal atau hexadesimal, begitu pun sebaliknya.

Pengertian Biner, Desimal, Oktal dan Hexadesimal

Setiap bilangan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Nah, apa si yang membedakan keempat bilangan tersebut? oke, tetap lanjutkan membaca.

Bilangan Biner disebut juga dengan bilangan basis 2 yang artinya hanya menggunakan 2 angka dalam merepresentasikan sebuah nilai yakni angka 0 dan 1. Contoh: 10, dalam bilangan biner kita tidak bisa menyebut bahwa bilangan tersebut bernilai sepuluh, namun bilangan tersebut bernilai 2.

Cara menghitungnya ialah: (1x2^1) + (0x2^0) = 2

Bilangan Oktal yaitu bilangan basis 8 yang artinya menggunakan 8 angka untuk merepresentasikan sebuah nilai yakni angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7. Cara menghitung bilangan oktal sama saja dengan menghitung bilangan biner hanya saja pengkalinya diganti menjadi 8 bukan 2 karena bilangan oktal basisnya 8.

Bilangan Desimal yaitu bilangan basis 10 yang artinya menggunakan 10 angka untuk merepresentasikan sebuah nilai. Nah bilangan desimal ini adalah bilangan yang sering kita jumpai sehari-hari. Angka yang digunakan oleh bilangan ini adalah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 dan 9.

Bilangan Hexadesimal bisa juga disebut bilangan hexa yaitu bilangan basis 16 yang menggunakan simbol (huruf dan angka) dalam merepresentasikan sebuah nilai. Simbol yang digunakan ialah 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E dan F.

Aplikasi Untuk Menghitung Konversi Bilangan Biner, Desimal, Oktal dan Hexadesimal

Dalam praktiknya untuk menghitung konversi nilai dari bilangan satu ke bilangan yang lainnya cukup memakan waktu. Jika kita membutuhkan cepat kita dapat menggunakan aplikasi Base Converter untuk menghitung konversi bilangan tersebut.

Penggunaan aplikasi ini tidaklah dianjurkan bagi pelajar yang masih memahami konsep perhitungan konversi bilangan biner, desimal, oktal dan hexadesimal.

Dalam aplikasi ini Anda bisa menghitung konversi bilangan dari biner ke desimal, oktal dan hexadesimla, atau sebaliknya. Anda bisa menentukan bilangan yang Anda masukan apakah bilangan biner, oktal atau lainnya, dan nanti akan muncul hasil konversi ke bilangan yang lain.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Download aplikasi di Play Store.