Uncategorized

Bagaimana Cara Menjaga Komputer Kita Tetap Dalam Kondisi Baik?


Cara Menjaga Komputer Anda Tetap Dalam Kondisi Baik – Kita semua tahu bahwa komputer perlu mendapatkan perawatan. Memberikan perawatan atau pemeliharaan yang baik terhadap komputer itu sangatlah penting. Terlebih jika komputer tersebut sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, yang mana apabila mengalami masalah akan sangat menghambat pekerjaan pada komputer tersebut.

Perwatan ini sejatinya bertujuan agar umur dari komputer yang digunakan dapat bertahan lebih lama. Meskipun kita bisa meng-upgradenya, tetapi merawat yang sudah ada adalah salah satu cara menghemat pengeluaran. 🙂

Pada artikel ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara menjaaga komputer tetap dalam kondisi baik. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk menjaga komputer dalam keadaan paling baik.

Bagaimana Cara Menjaga Komputer Kita Tetap Dalam Kondisi Baik

1. Menjaga Hard drive Anda

Hard drive ini adalah tempat menyimpan semua data yang kita miliki. Menjaganya berarti sama saja kita telah menjaga data-data kita terlebih data tersebut sangatlah penting. Langkah awal untuk menjaga komputer kita adalah dengan rutin menjalankan program maintanance. Program tersebut bisa berupa disk defragmentasi dan disk cleaning. Program ini akan memastikan sistem Anda dapat berjalan dengan performa yang baik. Deframentasi harddisk sangat penting, karena ini akan menyusun kembali susuanan data di harddisk yang berantakan. Karena biasanya kita selalu melakukan copy-paste, menghapus, membuat file, dan tentunya ini akan membuat susunan di harddisk menjadi berantakan. Karena itulah mendefragmentasi harddisk akan sangat baik untuk menyusun rapi kembali data dalam harddisk.

2. Scanning virus

Program scanner virus harus dan wajib selalu ada di komputer Anda, dan juga harus teratur memindai komputer Anda terhadap ancaman virus dan malware. Karena virus dan malware dapat saja menurunkan performa komputer dan juga ada yang bisa menggali informasi pribadi milik kita. Ada banyak program antivirus gratis di internet, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak menginstall program wajib ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Jaga komputer tetap dalam keadaan bersih

Tidak hanya perwatan dari software saja, secara fisik pun harus dijaga. Salah satunya dengan menjaga kebersihan omputer kita, terutama dari debu yang sangat mudah mengotori komputer kita. Bagian dalam komputer terutama yang sangat mudah kotor. Dan apabila sudah menumpuk di mainboard, ini akan sangat memperngaruhi performa, karena temperatur pada komputer akan mudah panas. Kita bisa membersihkan debu yang ada dengan menggunakan kuas kecil, ini akan sangat efektif mengingat terdapat selipan-selipan kecil pada mainboard.

4. Jangan menggunakan di tempat yang tidak menyerap panas 

Hal ini lebih ditujukan bagi pengguna laptop. Lebih baik tidak menggunakan laptop daripada menggunakannya ditempat-tempat yang tidak menyerap panas dan tidak terdapat ruang udara, misalnya seperti tempat tidur, sofa, atau carpet. Karena ruang udara sangatlah diperlukan, kita semua tahu bahwa pembuangan angin pada laptop sangatlah sedikit. Dengan menggunakannya di tempat-tempat yang disebutkan tadi, sama saja laptop tersebut tidak memilki ruang untuk membuang udara panas. Dan hal ini yang bisa menyebabkan laptop mudah panas.

5. Matikan komputer jika tidak digunakan

Saat ini, kebanyakan orang cenderung meninggalkan komputer mereka dalam waktu yang lama meskipun dalam keadaan hidup. Hal ini sangatlah tidak patut ditiru. Karena komputer kita perlu istirahat, sehingga meminimalisir kerusakan pada komponen. Selain itu meninggalkan komputer dalam kondisi menyala akan sangat boros listrik. Jika kita hanya akan meninggalkan komputer kita selamat beberapa jam, dan kita tidak ingin menghentikan program yang sedang berjalan, kita bisa mematikannya dalam mode sleep. Jika kebiasaan ini terus dilakukan, power supply Anda bisa-bisa terancam performanya.

6. Segera lakukan sesuatu jika terjadi sesuatu

Jika terjadi hal yang tidak seperti biasanya, segeralah mencari tau penyebab dan solusinya. Terlebih jika berhubungan langsung dengan harddrive, ini akan memperparah keadaan jika kita kehilangan semua data yang ada.

Baca lebih banyak: