Uncategorized

Beberapa Alasan Mengapa Keamanan Jaringan Wireless Sangat Penting


Beberapa Alasan Mengapa Keamanan Jaringan Wireless Sangat Penting – Saat ini, jaringan wireless (WiFi) atau nirkabel semakin banyak digunakan pada rumahan, sekolah, universitas, maupun perkantoran. Hal ini didukung oleh kemudahan dan juga kenyamanan dalam penggunaannya, karena tidak perlu lagi repot-repot memasang kabel jaringan. 
Meski demikian, jaringan wireless ini sangat rentan akan serangan dari pada jaringan yang menggunakan kabel. Hal ini dikarenakan jaringan wireless menggunakan sinyal radio sebagai media transmisinya. Oleh karena itu, faktor utama yang harus diperhatikan adalah persoalan keamanan jaringan wifi. Beberapa alasan dan fakta dibawah ini mungkin bisa memperkuat bahwa pengaman jaringan wireless sangatlah penting. 
Beberapa Alasan Mengapa Keamanan Jaringan Wireless Sangat Penting

Berikut adalah alasan pentingnya mengamankan jaringan wireless:

1. Sulit menelusuri koneksi ilegal yang ingin mengakses jaringan wifi

Jaringan wireless adalah jaringan yang mengguankan gelombang elektromagnetik dengan frekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz sebagai media transmisinya, hal ini sangat memudahkan bagi wifi client yang berfrekuensi 2.4 GHz dan 5 GHz untuk bisa terkoneksi dengan Wifi Access Point di manapun. Kita tidak perlu susah payah menentukan channel yang cocok dengan AP tapi yang kita lakukan adalah cukup dengan mengaktifkan perangkat wifi kita.

Kondisi ini sangat menyulitkan kita untuk mengetahui dimana lokasi penyusup yang mencoba terkoneksi dengan jaringan kita. Sangat berbeda dengan jaringan kabel, pada jaringan kabel kita bisa dengan mudah mengetahui siapa saja yang tergabung dalam jaringan dengan cara mengecek urutan kabel yang terpasang sampai dengan komputer pemakai.

Pada jaringan wifi kita hanya bisa mengetahui mac address dari si penyusup tanpa bisa mengetahui lokasi si penyusup itu berada. Inilah salah satu alasan penting mengapa kita harus mengaktifkan sistem pengaman pada jaringan wifi kita.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

2. Sinyal wifi tidak bisa dibatasi

Berbeda dengan jaringan berkabel, jarak jangkauan sinyal wifi tidak bisa kita tentukan secara pasti. Semakin kuat dan jauh jangkauan sinyal wifi akan sangat bagus. Namun disisi lain hal tersebut sangatlah berbahaya, karena semakin jauh jarak yang dijangkau, semakin banyak pula orang yang ingin terhubung dengan koneksi wifi tersebut. Entah itu orang yang ingin berbuat tidak benar ataupun yang sebaliknya.

Daya jangkau dari pancaran sinyal wifi yang tidak bisa dibuat secara pasti berapa jauh jangkauannya menjadikannya mudah terkoneksi dengan perangkat wifi klien milik siapa saja termasuk yang lokasinya jauh dan tidak kita kenali, inilah alasan mengapa begitu penting untuk mengamankan sistem pengaman pada jaringan wifi kita.

3. Dengan menggunakan wifi klien yang memiliki Power atau antenna gain yang besar, seseorang bisa terkoneksi dengan Access Point kita meski dari jarak yang jauh. 

Meskipun sinyal pada wifi Access Point sudah diatur dengan tidak menggunakan power yang sangat besar, namun tetap saja apabila pada wifi clientnya menggunakan sinyal dengan power yang besar untuk menangkap sinyal dari AP, si client tersebut masih bisa terkoneksi dengan kualitas sinyal yang sangat bagus. Semakin besar daya atau power dari sebuah perangkat wifi maka semakin tinggi tingkat sensitivitas dalam menerima sinyal wifi, ini adalah kenyataan atau karakter dasar dari sinyal wifi.

4. Penempatan Access Point yang mudah terlihat akan mengundang banyak orang untuk terhubung ke jaringan tersebut

Pengamanan jaringan wireless tidak hanya dilakukan di bagian software nya saja, namun secara fisik juga harus diperhatikan lebh. Maksudnya adalah kita tidak boleh sembarangan menentukan penempatan perangkat wifi access point agar terhindar dari jangkauan orang yang tidak bertanggung jawab. Perlu diingat, selain kualitas sinyal yang akan didapat, penempatan perangkat wifi access point juga harus memperhatikan tingkat keamanan jaringannya juga.  Meletakan access point dalam sebuah box jeruji besi yang terkunci dengan hanya menampilkan antenna-nya keluar adalah pilihan yang bagus. Letakan ditempat yang tinggi dan tidak bisa dijangkau tanpa bantuan tangga juga merupakan pilihan yang tepat. Banyangkan jika ada orang iseng yang dengan mudah menggapai wifi kita dan kemudian memencet tombol reset, betapa repotnya harus konfigur ulang Access point.

Itulah beberapa alasan penting yang mengharuskan kita lebih memperhatikan tingkat keamanan pada jaringan wireless. Jika jaringan aman, pengguaan pun menjadi aman dan nyaman. Semoga bermanfaat. 🙂

Baca artikel tentang jaringan lainnya:


  • penting juga ya ternyata utuk mengetahui kenapa jaringan wireless harus diamankan..
    semenjak punya modem sih, saya jarang make wifi, kang.. hehe

'