Uncategorized

Belajar Linux : 3 Website Yang Harus Anda Ketahui Untuk Belajar Linux


Sesulit apapun, tidak akan pernah ada kata terlambat untuk belajar Linux. Linux yang sudah berusia lebih dari 20 tahun ini, setiap tahun penggunanya meningkat. Jadi tidak ada tanda – tanda bahwa Linux akan berhenti.

Apakah selama ini Anda telah menunda – nunda untuk belajar ? Kalau begitu mulailah sekarang. Di bawah ini adalah sumber – sumber yang dapat membantu Anda dalam belajar Linux.

Belajar Linux : 3 Website Yang Harus Anda Ketahui Untuk Belajar Linux

Mengapa Harus Belajar Linux ?

Memang tidak semua orang diharuskan belajar Linux, jika Anda tertarik dengan Windwos untuk beberapa alasan, silahkan tetap gunakan Windows. Jika Anda memiliki waktu atau energi untuk mempelajari Sistem Operasi baru, itu bagus. Ada beberapa manfaat jika beralih ke Linux :
  • Filosofi open source. Linux adalah salah satu contoh yang paling terkenal dari perangkat lunak open source dan contoh utama dari open source sebagai model yang layak untuk bisnis. Tanpa open source, kita tidak akan memiliki Firefox, Apache, MediaWiki, BitTorrent, atau sejumlah produk lainnya yang kita gunakan setiap hari. Menggunakan Linux adalah salah satu cara untuk menunjukkan dukungan Anda dari gerakan open source.
  • Linux gratis. Bahkan jika Anda tidak mendukung open source sebagai filosofi, setidaknya Anda bisa menghargai gerakan untuk menghasilkan perangkat lunak bebas. Windows memakan biaya sekitar beberapa ratus dolar. Mac, lebih dari seribu dolar. Tapi Linux? Tidak satu sen pun.
  • Linux sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Windows dan Mac dirancang sebagai komputer umum, namun tidak unggul dalam hal tertentu, maksudnya tidak ada keunggulan yang lebih spesifik. Linux memiliki ratusan varian (disebut distribusi atau distro) dan masing-masing dirancang untuk mengisi tujuan tertentu. Memilih distro yang tepat berarti menggunakan sistem operasi yang sempurna untuk Anda.
  • Prospek pekerjaan. Dunia usaha kini lebih banyak mengadopsi Linux, terutama untuk masalah jaringan dan server. Siapa yang mengadministrasikan dan memelihara sistem tersebut? Siapa yang mengembangkan perangkat lunak? Dengan belajar Linux, Anda bisa mempersiapkan diri untuk pekerjaan di masa depa. 

Linux Command

Untuk pemula, aspek yang paling menakutkan dari Linux lebih cenderung pada command line. Mereka sangat terbiasa antarmuka grafis dan navigasi mouse (dan yang lebih baru, navigasi touchscreen) daripada baris perintah yang mungkin dalam bahasa asing.

Tujuan satu-satunya Linux Command adalah untuk menjadi Anda akrab dan nyaman dengan terminal. Singkatnya, mudah diikuti, dan sangat membantu. Pada akhirnya, Anda akan benar-benar mendapatkan yang lebih cepat daripada mouse Anda.

Linux Security for Beginner

Linux adalah platform yang aman tetapi hanya jika Anda tahu bagaimana memanfaatkan fitur keamanan yang disediakan Linux. Bahkan, selama komputer terhubung ke jaringan, komputer tidak pernah 100% aman. Ada yang berkata, ada berbagai tingkat keamanan dan orang – orang selalu berusaha untuk meningkatkan keamanan.

Linux Security fo Beginner adalah pengenalan yang komprehensif untuk berbagai aspek keamanan Linux. Bagaimana cara kerja firewall? Apa port yang paling rentan? Bagaimana seharusnya Anda mengkonfigurasi sistem Anda untuk perlindungan yang maksimal? Bagaimana router nirkabel dan enkripsi jaringan? Situs ini akan membawa Anda melalui semua itu dan masih banyak lagi. 

The Linux Foundation

Siap untuk serius dengan Linux? Kunjungi situs Pelatihan Linux Foundation untuk beberapa video gratis dan praktis untuk lebih berkembang di Linux. Pemula mutlak harus terlebih dahulu mencari tempat lain agar mudah, tetapi sekali Anda merasa nyaman dengan Linux, Linux Foundation akan mengubah Anda menjadi master.

Di atas video gratis, mereka menawarkan sejumlah kelas virtual yang dibayar di mana masing-masing berlangsung di mana saja dari 1 hari sampai 5 hari dengan label harga mulai dari US $ 600 sampai $ 3000 per kursus.

Dimanakah Anda Belajar Linux?


Tahu sumber informasi lainnya untuk belajar Linux? Beritahu kami dengan berkomentar di bawah ini. Bagi yang ahli Linux, silakan berbagi kepada teman – teman yang ingin mempelajarinya.