Editorial

Berapa Banyak RAM Yang Dibutuhkan Komputer Untuk Game PC?


Di antara sekian banyak game pc, banyak sekali game pc yang membutuhkan spek PC yang mumpuni, artinya spesifikasi yang dibutuhkan sebuah game sudah terpenuhi. Berbicara tentang spesifikasi komputer, tidak seperti CPU atau pun VGA, dengan menambahkan memori atau RAM tidak selalu memberikan perubahan yang signifikan. Jadi supaya menghemat keuangan, berapa banyak RAM yang Anda butuhkan untuk game PC modern saat ini?

corsair-vengence-lpx-ddr4-reliable-memory

Ini Semua Tentang Kapasitas, Bukan Kecepatan

Sebuah Kartu grafis yang lebih cepat akan meningkatkan kinerja grafis dan memungkinkan Anda untuk memilih pengaturan grafis dan rasolusi yang lebih tinggi. Sebuah CPU yang lebih cepat (terkait game) akan membantu dalam proses yang berjalan di background, jadi bukan hanya rendering grafis saja. Sebuah Solid State Drive (SSD) akan menyuguhkan kecepatan membaca (read) lebih cepat dibandingkan dengan Hard Disk Drive (HDD).

task manager windows 10

Namun berbeda dengan RAM. Ya, RAM DDR4 lebih cepat daripada RAM DDR3. Tetapi perbedaan performa untuk PC Gaming bisa dikatakan sangat kecil. Tapi bukanlah soal seberapa cepat, namun seberapa banyak kapasitas RAM yang Anda butuhkan untuk PC Gaming. Permainan, Sistem Operasi, dan Program yang Anda gunakan memiliki jejak memori atau bisa dikatakan alamat memori. Anda memerlukan RAM yang cukup sehingga program yang dijalankan di komputer Anda dapat menyimpan data mereka di dalam RAM tanpa swapping ke hard drive Anda, yang pastinya akan memperlambat semuanya. Jadi, seberapa banyak RAM yang Anda butuhkan yaitu tergantung seberapa banyak program yang berjalan di komputer Anda.

Pada komputer yang hanya membutuhkan web browser dan program desktop biasa, RAM 4GB mungkin cukup, tergantung pada program yang sedang berjalan. Pada komputer yang menyimpan database besar, mesin virtual, dan hal-hal besar lainnya dalam memori, bahkan RAM 32GB mungkin tidak cukup.

Sekarang Mari Kita Lihat Beberpa Game

Banyak permainan saat ini yang dirancang di berbagai platform seperti PS4, Xbox One, serta PC. PS4 dan Xbox One mencakup RAM 8GB. Dengan demikian tidak heran bahwa banyak game yang mengharuskan PC memiliki RAM 6BG atau 8GB.

Ini semua tergantung pada game apa yang ingin Anda mainkan, dan performa seperti apa yang Anda harapkan. Sebuah permainan bisa saja merekomendasikan kebutuhan RAM lebih dari itu, supaya menghasilkan kinerja yang halus. Secara umum memiliki RAM lebih tidak selalu meningkatkan grafis, itu semua tergantung pada VRAM yang terdapat pada hardware grafis.

Quantum Break

Sekarang mari kita lihat seberapa besar RAM yang dibutuhkan dan direkomendasikan dari Game-game tahun 2015 dan awal tahun 2016. Rincian ini diperoleh dari Steam Store:

  • Dying Light: 4GB minimum, 8GB recommended
  • Grand Theft Auto V: 4GB minimum, 8GB recommended
  • The Witcher 3: 6GB minimum, 8GB recommended
  • Fallout 4: 8GB minimum and recommended
  • Batman: Arkham Knight: 6GB minimum, 8GB recommended, 12GB required for smooth gameplay on Windows 10 (source)
  • Rise of the Tomb Raider: 6GB minimum, 8GB recommended
  • Far Cry Primal: 4GB minimum, 8GB recommended
  • The Division: 6GB minimum, 8GB recommended
  • Hitman: 8GB minimum and recommended
  • Quantum Break: 8GB minimum, 16GB recommended (source)

 

Sudah jelas bukan, banyak game modern saat ini yang membutuhkan minimum RAM setidaknya 8GB. Ya, beberapa memang di bawahnya, tapi untuk rekomendasi tetap banyak yang membuthukan 8GB.

Microsoft memberikan standar baru untuk Quantum Break yang merekomendasikan RAM 16 GB untuk grafis “Ultra”.

Anda Butuh Setidaknya 8 GB RAM untuk Game Modern

Mungkin untuk RAM 8GB aman-aman saja untuk saat ini. Itu memenuhi syarat minimum untuk memainkan permainan.

Untuk menjalankan high-end gaming tentunya RAM yang lebih akan sangat direkomendasikan, setidaknya 16 GB. Tapi tidak semua orang membutuhkan RAM 16 GB, sama halnya seperti tidak semua orang membutuhkan kartu grafis yang cepat, karena itu semua disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Untuk upgrade RAM sangatlah mudah  di kemudian hari. Anda juga mungkin tidak perlu membuang RAM yang sudah ada, Anda hanya perlu membeli RAM baru untuk mengisi slot RAM yang masih kosong di motherboard.

Menggunakan Grafis Onboard? Ana Perlu lebih Banyak RAM

Jika PC Anda menggunakan Grafis NVIDIA atau AMD mungkin tidak membutuhkan RAM yang sangat banyak, bisa juga mengacu pada pembahasan di atas. Namun jika komputer Anda mengandalkan grafis onboard, Anda akan membutuhkan lebih banyak RAM untuk mendongkrak performa PC.

vga onboard

Kartu grafis memiliki Video RAM sendiri (VRAM) yang terdapat pada kartu itu sendiri. Ini terpisah dari RAM yang ada pada komputer. Pada grafis onboard, bisa mengambil sebagian dari RAM pada komputer. Ini berarti RAM benar-benar dapat membuat perbedaan, dan mungkin Anda membutuhkan RAM yang lebih.

Kesimpulan

Jika Anda ingin menjalankan bebrapa mesin virtual saat bermain game pada pengaturan grafis tinggi, Anda pasti akan membutuhkan lebih dari 16GB RAM. Tapi, jika hanya game yang Anda jalankan pada komputer Anda, 8GB bisa menjadi minimum dan tidak mengapa jika ingin melampaui 16GB.