Uncategorized

Cara Cek Merk dan Tipe Motherboard Pada Komputer Windows


Cara Cek Merk dan Tipe Motherboard Pada Komputer Windows -Pada situasi tertent, mengetahui merk, tipe, dan model motherboard menjadi hal yang sangat penting. Misalnya saat ingin melakukan upgrade pada salah satu hardware, membeli/menambahkan hardware baru, dan lain-lain terkait hal yang ingin Anda lakukan terhadap motherboard yang Anda miliki. Dengan mengetahui tipe motherboard yang kita miliki, kita bisa searching di google untuk mengetahui hardware jenis apa saja yang bisa dipasang pada motherboard yang kita punya. Jadi, upgrade hardware terasa lebih mudah bukan?

Cara Cek Merk dan Tipe Motherboard Pada Komputer Windows

Pada tulisan ini, saya akan memberikan satu trik sederhana yang bisa dilakukan untuk mengetahui merk dan tipe motherboard yang ada pada komputer windows kita. Tentunya trik ini lebih mempersingkat waktu ketimbang harus membongkar casing komputer kita hanya untuk melihat tipe motherboard yang ada. Kita hanya perlu menjalankan satu baris perintah pada command prompt.

Mengecek tipe motherboard melalui CMD.exe

Bekiut adalah baris perintah yang akan kita gunakan untuk mengecek tiper motherboard melalui command prompt.

wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kemudian bukalah program command prompt, bisa melalui tombol start atau menggunakan kombinasi Ctrl+R kemudian ketik cmd, OK. Setelah terbuka, langsung saja ketik baris perintah yang sudah saya sertakan di atas tadi, kemudian tekan enter. Maka hasilnya akan langsung terlihat seperti pada gambar di bawah ini. Data tersebut akan memperlihatkan kita tentang merk, tipe dan semua hal terkait motherboard kita.

Cara Cek Merk dan Tipe Motherboard Pada Komputer Windows

Bagaimana, mudah bukan cara mengeceknya? Ketimbang kita membongkar casing komputer, lebih baik menggunakan cara ini. Lebih cepat, dan tidak membuang-buang waktu dan tenaga pula. Semoga tulisan ini dapat menambah pengetahuan kita walaupun hanya sedikit.