Tutorial

Cara Download Subtitle (Only) Video di Youtube


Pernah saya mendapatkan video tutorial berbahasa Inggris yang mana belum ada subtitle-nya. Jadi untuk memahami video tersebut saya harus mendengarkan dengan seksama apa yang dibicarakan oleh tutor dalam video tersebut. Sampai pada akhirnya saya penasaran untuk mencari video tersebut ada di Youtube atau tidak. Setelah saya cari ternyata ada di Youtube. Lalu apa selanjutnya? Yapp, yang saya cari sesungguhnya adalah subtitle dari video tersebut.

Youtube memiliki fitur Subtitle, walaupun si Pembuat video tidak menyediakan subtitle, Youtube bisa dengan otomatis memberikan Subtitle. Dan juga bisa otomatis translate bahasa yang diinginkan. Selanjutnya, saya kan sudah memiliki video tersebut, dan saya hanya ingin mendownlaod subtitlenya saja dari video tersebut, bagaimana caranya? Caranya cukup mudah silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Dalam hal ini saya menggunakan software Google2SRT yang bisa Anda download pada link ini http://goo.gl/x7CvL5

Cari video yang ingin Anda ambil subtitle-nya di Youtube, lalu copy link video tersebut. Setelah itu paste link video tersebut ke aplikasi Google2SRT, seperti gambar di bawah ini.

Google2SRT Download Subtitle

Tunggu sebentar nanti akan muncul subtitle di kolom bawah pada tabs Tracks. Pada kolom tersebut merupakan subtitle default dari video yakni Bahada Inggris. Klik Go untuk mendownload subtitle tersebut.

Google2SRT Download Subtitle EN

Jika kita menginginkan subtitle berbahasa Indonesia, kita bisa memilihnya di tab Translation, pada list bahasa yang ada pilih Bahasa Indonesia dengan kode ID.

 

Google2SRT Download Subtitle ID

Klik  Go, dan selesai.Google2SRT Download Subtitle Saved

Jika ada kesulitan, jangan sungkan untuk berkomentar di bawah.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

 


'