Uncategorized

Cara Install Aplikasi Dengan Format File .deb di Linux Ubuntu


Cara install Aplikasi dengan Format File .deb di Linux Ubuntu – Dalam Linux Ubuntu, file-file installer berada dalam format atau ekstensi “.*deb”. Jadi, file *.deb ini merupakan file mentahnya sebuah program aplikasi dalam Linux Ubuntu. Selain Ubuntu, Linux debian juga menggunakan ekstensi file ini untuk aplikasi-aplikasinya. Jadi, gampangnya file *.deb ini sama seperti file *.exe di OS windows.

Nah, pada artikel ini, saya akan menunjukan caranya menginstall aplikasi yang memiliki format *.deb tersebut. Kebetulan aplikasi yang akan saya install ini adalah browser Google Chrome yang sudah saya download file .deb-nya dari google. Untuk menginstallnya yang saya tau ada dua cara yang bisa kita gunakan untuk menginstalnya. Pertama melalui Ubuntu Software Center dan satunya lagi melalui command line di terminal Linux.

Cara menginstal File .deb di Linux Ubuntu

Install melalui Ubuntu Software Center

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, saya sudah mendownload file Google Chrome nya dari google. Jadi, meskipun kita menggunakan Ubuntu Software Center, kita tidak perlu lagi mendownloadnya. Caranya cukup klik dua kali file .deb yang sudah didownload.

Cara install Aplikasi dengan Format File .deb di Linux Ubuntu

Nanti akan terbuka Ubuntu Software Center, dan cukup klik tombol install yang ada di bagian sebelah kiri.

Cara install Aplikasi dengan Format File .deb di Linux Ubuntu

Dan ikuti instruksi selanjutnya hingga proses instalasi selesai.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Install melalui Terminal Linux

Caranya, posisi kita di terminal Linux harus berada pada path direktori file .deb tersebut. Misalnya pada contoh ini, file Chrome.deb saya letakkan pada path /home/niko/Download, maka pada terminal saya ketik perintah berikut untuk pindah ke direktori tersebut. (ingat besar kecil huruf berpengaruh)

cd /home/niko/Downloads

Jika sudah berada pada direktori dimana file tersebut tersimpan, ketikan perintah dibawah ini untuk menginstallnya.

dpkg -i Chrome.deb

atau

dpkg -i *.deb   

Mengapa *.deb? Perintah tersebut berarti akan menginstall file dengan nama apapun dengan ekstentensi .deb, dan Chrome.deb juga termasuk kan? Perintah ini juga bisa kita gunakan jika kita ingin menginstall beberapa file .deb secara bersamaan.

Cek aplikasinya bisa melalui mesin pencarian di ubuntu. Ketik saja kata Google (karena saya menginstall Google Chrome), nanti akan muncul aplikasi Google Chrome.

Cara install Aplikasi dengan Format File .deb di Linux Ubuntu

Nah, itu sedikit tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Terima kasih. ๐Ÿ™‚

Baca juga:


'