Uncategorized

Cara Install dan Uninstall Programs di Ubuntu Melalui Ubuntu Software Center


Cara Install dan Uninstall Programs di Ubuntu Melalui “Ubuntu Software Center” – Jika kamu sudah lama menggunakan windows, kamu mungkin sangat familiar dengan tools “Add and Remove Programs” yang dapat diakses melalui control panel di windows. Tools ini akan menampilkan list software apa saja yang sudah terinstall pada komputer kamu. Selain itu, kita juga bisa menghapus atau uninstall program-program yang sudah terinstall melalui tools ini.

Ubuntu Software Center

Pada sistem operasi Linux Ubuntu juga memiliki tools seperti “add and remove programs” yang dimiliki oleh windows. Ubuntu software center namanya. Dengan tools ini, kamu bisa menginstall sekaligus uninstall aplikasi ataupun program pada komputer.

Jika kamu belum pernah mendengar nama Ubuntu Software Center, pasti kamu akan mencari-cari di google, bagaimana cara install program di Ubuntu, bagaimana cara uninstall program di ubuntu. So, bermaksud menyikapi hal tersebut, pada artikel ini saya akan menunjukan kepada kamu cara install dan uninstall program di Linux Ubuntu melalui “Ubuntu Software Center”.

Cara Install Program Aplikasi di Ubuntu Software Center

Buka terlebih dahulu Ubuntu Software Center. Pada halaman awal kamu pasti sudah disuguhkan dengan berbagai macam software yang tersedia. Kamu juga bisa memilih software berdasarkan kategori, seperti yang ada di list sebelah kiri. Atau jika kamu ingin mencoba program-program yang populer, terdapat pada bagian bawah halaman. Selain itu, kamu juga bisa mencari program berdasarkan kata kunci yang kamu ketik di form pencarian sebelah kanan atas, jika memang tersedia pasti akan muncul nama programnya.

Cara Install dan Uninstall Programs di Ubuntu Melalui "Ubuntu Software Center"

Cara menginstall dari Ubuntu Software Center ini tergolong sangat mudah. Hanya sekali klik, tunggu proses sampai selesai, dan program pun siap dipakai.

Cara Install dan Uninstall Programs di Ubuntu Melalui "Ubuntu Software Center"

Oke, saya rasa untuk menginstall kamu sudah mengerti ya. Jadi, kita lanjut ke cara uninstall program yang sudah terinstall.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cara Uninstall Program Aplikasi di Ubuntu Software Center

Untuk melihat list atau daftar program yang sudah terinstall, kita bisa membuka tab Installed pada Ubuntu Software Center. Jika belum tau, coba lihat gambar di bawah ini.

Cara Install dan Uninstall Programs di Ubuntu Melalui "Ubuntu Software Center"

Tab tersebut hanyalah menampilkan program-program yang diinstall melalui Ubuntu Softawre Center. Jika ingin melihat list program lain yang diinstall manual (tidak melalui Ubuntu Software Center), kamu bisa memilih kategori yang ada pada tanda panah di samping tab Installed.

Nah, untuk menghapus program tersebut atau meng-uninstall program, kamu klik dulu program yang akan dihapus, nanti akan muncul tombol remove di bagian kanan. Kemudian klik tombol remove tersebut, tunggu proses sampai selesai.

Cara Install dan Uninstall Programs di Ubuntu Melalui "Ubuntu Software Center"

Gimana??? Sangat mudah ya untuk menginstall atau uninstall program melalui Ubuntu Software Center. Oke, semoga bermafaat ya, dan stand by aja ya di blog ini untuk mendapat tutorial-tutorial lain seputar komputer.


'