Tips Tutorial

Cara Sederhana Kalibrasi Baterai Android Tanpa Root / Aplikasi


Saya pernah mengalami sesuatu yang aneh pada smartphone android saya, tepatnya pada baterai. Saya meliha keanehan pada baterai Android yang saya miliki, baterai tersebut cepat berkuran pada saat persentase 100% menuju 50%, namun pada persentase 50% menuju habis terasa lebih irit. Sangat terlihat sekali perbedaannya, 100% menuju 50% tidak sampai 20 menit.

Akhirnya saya bertanya pada sebuah forum, yang kebetulan banyak juga yang mengalami hal serupa. Ada seorang member forum tersebut menyarankan untuk mengkalibrasi baterai Android saya.

Bagaimana caranya? Ternyata caranya cukup mudah dan sangat sederhana, tidak memerlukan aplikasi apalagi mengahruskan smartphone android untuk di root, tidak. Caranya simak di bawah ini.

charge baterai android

Cara Kalibrasi Baterai HP Android Dengan Mudah

  1. Pada saat kondisi HP hidup, charge HP Android Anda sampai penuh 100%. Setelah penuh matikan HP Android Anda.
  2. Lalu charge lagi HP Android Anda sampai 100% dalam keadaan mati. Setelah penuh hidupkan lagi HP Android Anda.
  3. Setelah hidup, charge lagi sampai penuh 100%.
  4. Sekarang Anda bisa menggunakan HP Anda untuk aktivitas seperti biasanya. Gunakan sampai baterai habis dan HP Android Anda mati dengan sendirinya karena kehabisan baterai.
  5. Saat baterai sudah habis, diamkan dulu sekitar 10 menit.
  6. Sekarang charge lagi HP Android Anda dalam keadaan mati sampai penuh 100%. Jangan dulu dihiupkan sampai benar-benar penuh, tapi jangan sampai kelebihan juga. Untuk baterai jenis Li-ion saya rasa tidak perlu khawatir akan kelebihan, soalnya kalau pada saat di charge baterai sudah penuh, arus listrik langsung diputus.

Cara kalibrasi baterai android di atas sudah saya lakukan, dan hasilnya sangat memuaskan lebih dari yang saya harapkan. Baterai terasa seperti baru, persentase 100% ke 50% terasa lebih irit dari yang sebelumnya.

Semoga artikel ini bisa membantu bagi Anda yang mempunyai smartphone dengan baterai yang sudah mulai boros. Selamat mencoba.