Uncategorized

Cara me-Monitoring Penggunaan Resource Hardware di Linux Ubuntu


Cara me-Monitoring Penggunaan Resource Hardware di Linux Ubuntu – Setiap kali komputer kita berada dalam keadaan lemot atau hang, pasti yang ingin saya kontrol pertama kali adalah penggunaan resource hardware pada komputer atau laptop itu sendiri.

Kalau menggunakan sistem operasi windows, kita bisa memanfaatkan task manager untuk me-monitoring resource hardware-nya.

Nah, bagaimana kalau di Linux Ubuntu? Di Linux pun sudah tersedia aplikasi semacam task manager. Dan yang pasti, saya yakin setiap sistem operasi juga akan menyediakan aplikasi sejenis ini untuk keperluan monitoring resource.

Bagi kamu pengguna Linux Ubuntu, kamu bisa menggunakan cara berikut untuk memonitoring penggunaan resource hardware pada komputermu

#1: System Monitor

Sama seperti aplikasi monitoring lainnya, System Monitor ini juga akan menampilkan statistik penggunaan resource hardware yang ada pada komputermu, sperti prosessor, memory, swap, sampai hingga network.

Di Ubuntu, system monitor ini merupakan aplikasi bawaannya. Jadi, tinggal kamu search saja namanya di pencarian, nanti akan muncul aplikasi ini.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

#2: Command Line “TOP”

Cara me-Monitoring Penggunaan Resource Hardware di Linux Ubuntu

Selain melalui fitur GUI seperti yang dimiliki oleh system monitor, di Ubuntu juga kamu bisa me-monitoring melalui terminal. Caranya sangat mudah, pada terminal Linux, cukup kamu ketik “top” kemudian tekan enter.

Namun untuk yang melalui command line ini saya tidak terlalu suka, karena sangat sulit untuk menyesuaikan.

#3: Memanfaatkan Webmin

Cara me-Monitoring Penggunaan Resource Hardware di Linux Ubuntu

Opsi yang satu ini biasanya sering digunakan untuk komputer server. Kita bisa memonitoring penggunaan resource hardware melalui aplikasi webmin yang berbasis web ini. Jadi, kita tidak kesulitan lagi untuk mengetahui sejauh mana penggunaan resource hardware pada server kita.

Untuk webmin, kamu harus menginstalnya terlebih dahulu. Jika belum tau caranya, silahkan ikut panduan pada link di bawah ini:

Nah, itu tadi adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk me-monitoring penggunaan resource hardware pada komputer yang menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu, dan saya rasa untuk distro turunannya tidak jauh berbeda. Semoga bermanfaat.