Uncategorized

Cara Membuat DNS Server Sendiri Pada Windows 7


Cara Membuat DNS Server Sendiri Pada Windows 7 – Apa sih DNS itu? DNS adalah sebuah sistem yang yang bekerja untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP address, dan juga sebaliknya.

cara menjadikan windows 7 kita sebagai DNS server

Sekilas tentang DNS

Karena dalam komunikasi data, komputer tidak bisa mengenali nama domain, melainkan hanya bisa membaca alamat IP saja. Namun jika harus menghafal nomor-nomor IP yang digunakan jelas akan sangat menyulitkan dong. Maka dari itu, DNS ini hadir, gunanya untuk membantu menerjemahkan alamat IP tersebut menjadi sebuah nama domain, dan juga sebaliknya. Kita akan lebih mudah mengenali www.google.com dari pada 118.96.26.45.

Jadi, intinya pada artikel ini saya akan membagikan sebuah tutorial sederhana dan mungkin sangat berarti, yaitu cara menjadikan windows 7 kita sebagai DNS server. Dan itu berarti windows 7 ini akan melayani request-request dari komputer lainnya. Oke singkat saja, kita langsung ke tutorialnya.

Cara setting DNS server di Windows 7

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Saya asumsikan, topologi yang digunakan adalah seperti gambar di bawah ini. Dimana sumber internet adalah modem USB yang saya sharing koneksinya melalui jaringan LAN.

cara menjadikan windows 7 kita sebagai DNS server

Pada interface LAN di windows 7, kita lakukan pengaturan IP seperti digambar ini, yaitu IP 192.168.20.1 dan netmask 255.255.255.0. Kemudian klik tombol Advanced… . Lebih jelas lagi lihat gambar dibawah ini.

cara menjadikan windows 7 kita sebagai DNS server

Setelah muncul kotak dialog Advanced TCP/IP Setting, pilih tab DNS. Lalu klik tombol Add… . Lebih jelas lagi lihat gambar di bawah ini.

cara menjadikan windows 7 kita sebagai DNS server

Kemudian Masukan IP LAN yang tadi yaitu 192.168.20.1, lalu klik tombol Add. Nantinya alamat IP inilah yang akan dijadikan sebagai DNS oleh komputer lainnya. 

cara menjadikan windows 7 kita sebagai DNS server

Setelah selesai melakukan setting di windows 7, coba kita tes di komputer lain. Caranya pada komputer tersebut kita beri pengaturan IP address seperti pada topologi di atas.

  • IP address 192.168.20.2
  • netmask 255.255.255.0
  • gateway 192.168.20.1
  • DNS 192.168.20.1

Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya lagi.

cara menjadikan windows 7 kita sebagai DNS server

Kemudian lakukan ping ke situs-situs seperti google.com, pintarkomputer.com, dan lain-lain. Jika berhasil, maka DNS server yang baru Anda buat tadi sudah bekerja. Tanpa kita melakukan settinga seperti tutorial di atas, alamat IP 192.168.20.1 tidak akan pernah bekerja sebagai DNS oleh komputer itu sendiri apalagi komputer lain. Baik, itu dari saya. Terima kasih, semoga bermanfaat ya…


'