Tutorial

Cara Membuat Jadwal Post Intagram Dengan Buffer


Bagi Anda pengguna Instagram, sering kita jumpai banyak sekali akun-akun official yang selalu memposting hal-hal yang menarik setiap harinya. Mungkin Anda yang membaca artikel ini juga merupakan salah seorang pengelola suatu akun official di Instagram. Setiap harinya pasti  banyak sekali foto yang harus dipost demi mempertahankan eksistensi di mata para followers.

Dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial kepada Anda yang ingin mengelola akun instagramnya lebih mudah dan membuat waktu Anda produktif. Anda bisa menjadwalkan kapan Anda akan memposting suatu foto/video di instagram dengan menggunakan Buffer.

 

Langsung saja kita menuju web Buffer. Login pada web tersebut, dan apabila Anda sudah login maka Anda akan masuk ke dashboard Buffer. Di dashboard Anda bisa menlihat akun-akun media sosial Anda yang sudah terhubung dengan Buffer. Klik Accounts + untuk menambahkan akun sosial media agar terhubung dengan Buffer. Dalam hal ini kita akan menambahkan instagram ke dalam dashboard buffer. Klik Connect pada Instagram.

buffer

Setelah itu Anda akan diminta untuk login ke akun instagram Anda. Selanjutnya setelah login akan diminta untuk memberi Buffer akses ke akun Instagram Anda. Klik Authorize.

buffer autorize instagram

Selanjutnya Anda diminta untuk membuka Buffer pada perangkat iOS atau Android. Buffer ini bekerja pada perangkat mobile, jadi jika Anda belum menginstallnya Anda tidak akan bisa lanjut. Install Buffer di pernagkat mobile Anda (iOS/Android) lalu login menggunakan akun yang sama. Setelah itu klik Continue di web.

buffer on mobile

Selanjutnya Anda sudah bisa menjadwalkan post instagram dengan Buffer. Catatan, perlu diketahui bahwa Buffer tidak sepenuhnya memposting apa yang sudah Anda jadwalkan. Karena keterbatasan API, buffer tidak dapat mengirim langsung posting ke Instagram. Jadi Buffer hanya akan memberi peringatan kepada Anda untuk segera memposting sesuai jadwal yang sudah Anda tentukan.

Sekali lagim Buffer hanya sebagai pengingat, begitu sudah tiba waktunya untuk upload, akan ada pemberitahuan dari buffer. Ketika kita klik pemberitahuan di ponsel, kita akan diminta untuk membuka instagram. Posisi di intagram sudah terpilih foto yang kita upload sebelumnya, kita masih bisa mengedit foto yg kita pilih. Untuk caption, tidak langsung terisi melainkan kita yang harus mengisinya sendiri. Namun untuk caption, Buffer sudah otomatis meng-copy ke clipboard caption yang sudah dibuat di dashboard Buffer sebelumnya, jadi kita bisa langsung paste saja.

Untuk lebih jelasnya simak video di bawah ini.

Selamat Mencoba.


  • xrycs

    nice , info . untuk posting foto aja di ingetin gan :v , cocok nih buat yang hobbi dokumentasi foto , tapi tak ingat waktu untuk mempostingnya (y)

    http://www.xry-cs.id

  • Yang ini nih yang keren min. Thanks infonya ya. Blog yang bahas fotografi cocok nih

'