Uncategorized

Cara Membuat Perangkat Android Menjadi Web Server


Cara Membuat Perangkat Android Menjadi Web Server – Di smartphone Android yang sering kita gunakan, sekarang bisa kita jadikan sebagai web server. Benar, Anda tidak salah dengar, kini kita bisa mengakses web yang kita buat yang kita simpan di Android, tidak berbeda dengan hosting.

Instalasi Software Server di Android

Berbagai perangkat lunak server tersedia untuk Android. Misalnya PAW Server for Android yang dirancang menjalankan situs dasar, situs non-dinamis (plugin untuk PHP juga tersedia untuk PAW). Contoh lain Ulti Server: PHP, MySQL, PMA, seperti namanya, mendukung penggunaan database untuk situs yang dijalankan dengan php.

Cara Membuat Perangkat Android Menjadi Web Server

Untuk tutorial kali ini, kita gunakan PAW Server, dan kita akan mengupload file index.html dasar dan mengakses dari PC dalam jaringan yang sama untuk menggambarkan penggunaan Android sebagai web server.

Download PAW Server di Google Play.

Advertisement

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mengkonfigurasi PAW Server

Jika PAW Server sudah terinstall di perangkat Anda, jalankan aplikasi, tekan tombol Start. Nantinya sebuah url akan ditampilkan, akses url tersebut dari browser PC Anda. Disini Anda akan disuruh untuk login, dengan username/password default : admin/paw.

Ini adalah aplikasi yang dilengkapi dengan berbagai fitur, dari panggilan menggunakan telpon, mengirim pesan, sampai melihat media. Pada intinya Anda juga dapat menggunakan PAW server sebagai remote akses ke ponsel atau teblet serta melayani halaman web.

Berikut adalah apa yang bisa kita lakukan dengan PAW Server:


Menambahkan index.html ke Paw Server

Untuk menggunakan PAW Server sebagai web server, Anda harus membuat file index.html dan menguploa-nya ke folder yang bernar. Anda dapat membuatnya dengan text editor apa saja.
<html>
    <body>
        <h1>Hello World</h1>
        Created by PintarKomputer.Com
    </body>
</html>
Dengan file yang Anda buat, copy ke direktori /paw/html pada perangkat Android Anda, cari direktori tersebut di file manager.
Untuk melihat file yang Anda buat di browser PC Anda, Anda perlu restart PAW dengan menekan tombol STOP kemudian MULAI lagi. Dan akses url yang sama, tetapi ditambahkan /index.html. Maka Anda akan melihat tampilan seperti berikut.

Cara Membuat Perangkat Android Menjadi Web Server

Selamat mencoba, semoga berhasil.