Uncategorized

Cara Membuat System Restore Point Windows 7


Cara Membuat System Restore Point Windows 7 – System Restore merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh Windows 7 sebagai tool yang berfungsi untuk mengembalikan sistem pada kondisi semula.

Mengembalikan sistem pada kondisi semula?? Maksudnya disini adalah jika kamu melakukan perubahan yang disengaja ataupun tidak sengaja, misalnya, menginstall software, terjadi crash pada software, dan hal lain yang tidak kamu inginkan, maka system restore ini bisa kamu manfaatkan.

System restore ini sangatlah penting bagi pengguna windows, seperti yang telah disinggung sebelumnya sistem ini bisa digunakan untuk mngembalikan sistem pada kondisi semula tanpa kehilangan data maupun pengaturannya.

Cara Membuat System Restore Point Windows 7

Bagaimana Cara Membuat System Restore Point Windows 7 ?

Untuk berjaga-jaga, sangat disarankan bagi pengguna windows agar membuat System Restore Point saat ingin melakukan penambahan atau perubahan pada windows. Dan alangkah baiknya, kamu membuat System Restore Point terjadwalkan misalnya, seminggu sekali, dua minggu sekali. Hal ini bertujuan apabila terjadi kesalahan pada system windows yang tidak kamu kehendaki, kamu bisa menggunakan restore point tersebut untuk memulihkannya.

Contoh kasus: Ini merupakan pengalaman saya. Ketikan itu, saya ingin menggunakan program microsoft office untuk keperluan mengetik. Saat hendak membukanya, ternyata terdapat error pada program tersebut. Entah disebabkan oleh virus, file error, atau lainnya. Saya sempat bingung, karena sudah coba uninstall dan menginstall lagi namun tidak memberi perubahan apapun. Dan sangat kebetulan sekali saya ingat, kalau sebelumnya sudah membuat System Restore Point di Windows. Jadi saya bisa memulihkannya dengan cepat tanpa harus uninstall program tersebut. 

Untuk membuat restore point yang dimaksud, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

1. Klik start, kemudian klik kanan pada Computer pilih Properties.

Cara Membuat System Restore Point Windows 7 (1)

2. Maka akan muncul jendela System. Lalu klik System protection.

Cara Membuat System Restore Point Windows 7 (2)

3. Akan muncul jendela System Properties. Pastikan kamu sudah memilih drive C:, kemudian klik Create.

Cara Membuat System Restore Point Windows 7 (3)

4. Beri nama sesuai keinginan kamu untuk restore point yang akan dibuat.

5. Tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai. Kemudian klik close jika sudah selesai.

Cara Membuat System Restore Point Windows 7 (4)
Cara Membuat System Restore Point Windows 7 (5)

Pada dasarnya, cara membuat system restore point pada windows 7 ini sangatlah mudah dan manfaatnya juga sangatlah besar. Sudahkan kamu membuatkan restore point untuk Windowsmu?