Tips

Cara Memperbaiki Otomatis Ketika Typo Menggunakan Perintah “cd” di Linux


Ketika kita menggunakan Linux, maka kita lebih banyak menggunakan terminal untuk menjalankan perintah-perintah yang mau dikerjakan. Itu dikarenakan Linux berbeda dengan Windows yang lebih instan.

Pernahkah Anda melakukan kesalahan pengetikan (tyoo) ketika menggunakan terminal? Sekali dua kali pasti pernah. Bahkan ketika ingin berpindah direktori misalnya, kita sering salah dalam menuliskan nama direktori yang diinginkan, sehingga membuat kita harus mengulang perintah yang sama kemudian memperbaikinya lagi. Sedikit merepotkan bukan?

Berbicara tentang hal itu, di dalam artikel ini, kita akan mengetahui cara bagaimana ketika kita salah mengetikan nama direktori, terminal yang ktia gunakan langsung mengoreksi otomatis yang membernarkannya. Jadi ketika kita salah dalam mengetik nama direktori, kita akan mendapatkan nama direktori yang benar. Caranya sangat mudah. Ikuti langkah-langkahna di bawah ini.

Pertama ketik perintah di bawah ini pada terminal Anda.

gedit ~/.bashrc

gedit ~/.bashrc

Akan membuka file .bashrc. Scroll ke paling bawah, dan tambahkan script di bawah ini.

shopt -s cdspell

Kalau sudah ditambah script tersebut, klik save, kemudian klik tombol exit.

file .bashrc

Untuk merasakan perubahan pengaturan yang telah dibuat di bashrc, Anda harus keluar dari sesi terminal dan logout.

exit terminal

Kemudian lihat pada gambar di bawah ini. Ketika kita melakukan kesalahan pada perintah cd, misalnya salah mengetik nama direktori, secara otomatis akan diperbaiki sehingga tidak ada kesalahan.

Auto Correct Terminal Linux

Ini merupakan tips sederhana, selamat mencoba.


'