Uncategorized

Cara Mengambil Screenshot di Linux Ubuntu Melalui Terminal


Pada Linux Ubuntu sebenarnya ada banyak cara untuk mengambil screenshot. Bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard (shortcut key), seperti :

  • PrtSc untuk mengambil layar penuh.
  • Alt + PrtSc untuk mengambil jendela yang aktif.

Selain menggunakan kombinasi tombol, di Linux Ubuntu kita dapat mengambil screenshot dengan menggunakan terminal. Perintah yang kita gunakan adalah :

gnome-screenshot

Dengan menggunakan perintah tersebut kita dapat mengambil screenshot layar penuh, seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengambil Screenshot di Linux Ubuntu Melalui Terminal

Banyak sekali opsi yang bisa kita gunakan dengan command di atas, bisa kita lihat dengan menulis command gnome-screenshot -h, maka akan muncul keterangan di bawahnya.

Cara Mengambil Screenshot di Linux Ubuntu Melalui Terminal

dari opsi – opsi di atas akan kita coba beberapa.

gnome-screenshot -w

Dengan menggunakan perintah gnome-screenshot -w, kita dapat mengambil screenshot jendela yang sedang aktif. Caranya: 
Tulis

gnome-screenshot -w
Tekan Enter 
Setelah itu klik jendela yang ingin di screenshot secepat mungkin, “waktu menekan tombol enter, sesegera mungkin klik jendela yang diinginkan”. Semoga yang membaca paham apa yang dimaksud.

gnome-screenshot -a

Dengan menggunakan perintah gnome-screenshot -a, kita dapat mengambil screenshot pada area yang kita inginkan. Cukup drag & drop mouse, lalu ambil gambar.

gnome-screenshot -i

Dengan menggunakan perintah gnome-screenshot -i, apa yang kita lakukan lebih interactive. Setelah perintah tersebut dijalankan, akan muncul jendela pop up seperti di bawah ini.
Cara Mengambil Screenshot di Linux Ubuntu Melalui Terminal
Kita dapat memilih apakah kita akan mengambil screenshot layar penuh, apakah window,  atau memilih area yang kita kehendaki.
Itulah cara mudah mengambil screenshot melalui terminal di linux Ubuntu. Untuk opsi lain bisa kita coba sendiri. Selamat mencoba semoga berhasil.

'