Tips

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Permanen Tanpa Software


Saat malam menjelang tidur saya mendapat sebuah pesan dari teman saya. Dia bertanya pada saya bagaimana cara mengembalikan file sudah terhapus secara permanen, kelihatannya dia kesulitan untuk mengembalikan file tersebut. Akhirnya saya menggunakan cara lama saya yang sangat sederhana untuk mengembalikan file yang sudah terhapus, bahkan tidak menggunakan software sama sekali.

Bagaimana caranya? Caranya sangat sederhana, tidak rumit. Baik, langsung saja kita simak di bawah ini cara mengembalikan file yang terhapus di Windows.

NOTE: Perlu diketahui bahwa file yang terhapus di Komputer sebenarnya tidak benar-benar terhapus. Baca Mengapa File Yang Terhapus Masih Bisa Dikembalikan / Recovery? Apa Yang Terjadi?

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Tanpa Software

Pertama Anda harus tahu dimana folder tempat file yang terhapus itu berada (sebelum file tersebut terhapus). Dalam kasus ini saya ingin mengembalikan file saya yang bernama “kwi.docx” yang sudah terhapus. Lihat pada gambar di bawah ini, file kwi.docx tersebut tidak ada.

mengembalikan file terhapus

Jika folder sudah di tentukan, klik kanan pada folder tersebut, kemudian klik Restore previous version.

mengembalikan file terhapus 2

Kemudian akan muncul kotak dialog, di sini kita tentukan tanggal pasti kapan file tersebut masih ada, benar-benar masih tersimpan di dalam folder atau belum terhapus. Klik Open untuk melihat isi folder, klik Restore untuk mengembalikan isi folder ke keadaan seperti pada tanggal tertentu.

mengembalikan file terhapus 3

Kemudian klik saja, Restore.

mengembalikan file terhapus 4

Proses akan berlangsung, ketika sudah selesai akan muncul seperti di bawah ini. Klik Ok.

mengembalikan file terhapus 5

Sekarang kita masuk ke dalam folder, dan ternyata file kwi.docx sudah kembali.

mengembalikan file terhapus 6

Begitulah cara yang sangat sederhana untuk mengembalikan file yang terhapus. Selamat mencoba, semoga berhasil.


  • Mega wati

    gak bisa dalam dialog nya isinya kosong