Uncategorized

Cara Menggunakan Multiple Monitor Agar Menjadi Lebih Produktif


Jika Anda ingin merasakan pengalaman menggunakan desktop yang lebih luas, Anda bisa menggunakan monitor tambahan. Kita dapat menggunakan monitor lebih dari satu, dengan syarat pada komputer atau laptop memiliki port VGA-out agar dapat menghasilkan output pada monitor tambahan tersebut.

Mengapa Menggunakan Lebih Dari Satu ?

Dengan menghubungkan beberapa monitor ke komputer Anda, memungkinkan Anda untuk mengerjakan 2 hal sekaligus. Misal monitor A Anda gunakan untuk bekerja, dan monitor B yang juga terhubung ke komputer yang sama bisa Anda gunakan untuk menonton film. Jadi sambil bekerja menonton film.

Cara Menggunakan Multiple Monitor Agar Menjadi Lebih Produktif

Contoh kasus penggunaan monitor ganda :

  • Coder yang ingin melihat kode mereka pada satu layar dan melihat hasilnya pada layar yang lainnya, kemudian kembali ke layar utama tempat ia bekerja.
  • Orang – orang yang mengawasi informasi, entah itu statistik, berita update, atau email saat ia sedang bekerja.
  • Gamer yang ingin menambah pengalaman dalam bermain game dengan tampilan yang lebih luas dari beberapa monitor.
  • Orang yang ingin menonton video saat ia sedang bekerja.

Menggabungkan 2 Monitor atau Lebih

Cara Menggunakan Multiple Monitor Agar Menjadi Lebih Produktif

Sebagian besar komputer dilengkapi dengan lebih dari satu jenis port untuk monitor (DVI, HDMI, VGA). Beberapa komputer dapat mencakup kabel splitter yang memungkinkan Anda menghubungkan beberapa monitor ke port tunggal.

Beberapa laptop juga dilengkap dengan port yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan monitor eksternal. Pasang monitor ke port DVI atau VGA laptop Anda, maka Anda dapat memperluas dektop pada laptop Anda.

Mengelola Multiple Monitor Dengan Windows

Windows membuatnya menjadi mudah. Pasang monitor ke port yang sesuai dengan komputer Anda maka Windows secara otomatis akan memperpanjang desktop Anda. Sekarang Anda dapaet menggeser jendela ke monitor lainnya dengan cara drag & drop.

Untuk mengontrol bagaimana ini bekerja Anda bisa Klik kanan di desktop > Screen Resolution, maka akan terlihat ada dua monitor yang terdeteksi.

Cara Menggunakan Multiple Monitor Agar Menjadi Lebih Produktif

Monitor 1: Saya menggunakan monitor laptop sebagai monitor utama. Memiliki resolusi 1366×768.
Monitor 2: Ini adalah monitor tambahan yang saya gunakan dengan resolusi 1280×1024.

Anda bisa mengelola penggunaan monitor, ada 4 pilihan disini :

Cara Menggunakan Multiple Monitor Agar Menjadi Lebih Produktif

  • Duplicate these display: Kedua monitor akan menampilkan desktop yang sama, jadi apa yang ada di monitor 1 adalah apa yang ada di monitor 2.
  • Extend these display: Pilihan ini akan membagi desktop dalam 2 monitor. Ini yang dijelaskan di atas tadi, dengan pilihan ini memungkinkan kita bekerja sambil menonton film.
  • Show desktop only 1: Desktop akan tampil pada monitor 1, maka monitor lainnya tidak terpakai.
  • Show desktop only 2: Desktop akan tampil pada monitor 2, maka monitor lainnya tidak terpakai.

Ada empat pilihan, itu semua sesuaikan dengan kebutuhan Anda, apakah Anda hanya menginginkan monitor yang lebih besar karena Anda menggunakan notebook yang berukuran kecil, atau Anda ingin mempresentasikan sesuatu jadi apa yang dilihat di laptop Anda adalah apa yang dilihat oleh peserta seminar.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba, semoga berhasil.


'