Uncategorized

Cara Menginstall Linux Ubuntu Menggunakan USB Flashdisk


Cara Menginstall Linux Ubuntu Menggunakan USB Flashdisk – Ubuntu merupakan salah distribusi Linux yang paling populer di kalangan pengguna Linux. Tidak hanya itu, untuk mendapatkan ISO nya pun cukup mudah, karena kita bisa mendownloadnya di situs resminya dengan gratis.

Ada berbagai cara untuk menginstall Ubuntu di komputer. Kita bisa membakar file ISO yang didownload tadi ke CD/DVD, cara lain kita bisa membuat bootable menggunakan flashdisk dengan mudah.

Nah pada kesempatan ini Saya ingin memberikan tutorial cara membuat bootable Ubuntu menggunakan flasdisk. Sebenarnya tutorial ini juga berlaku untuk semua distribusi Linux, namun dalam hal ini saya akan menggunakan Ubuntu sebagai bahan percobaannya.

Cara Menginstall Linux Ubuntu Menggunakan USB Flashdisk

Mendownlaod Ubuntu

Baiklah, untuk memulai semuanya, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mendownload File ISO Ubuntu dari website resminya. Anda memiliki beberapa pilihan, ada rilis LTS dan juga ada rilis terbarunya. Keduanya cukup stabil untuk penggunaan sehari – hari, rilis LTS lebih stabil dan didukung selama 5 tahun dari tanggal rilis, sedangkan rilis selain LTS hanya didukung selama 9 bulan sehingga anda harus mengupgrade ke rilis terbaru setiap enam bulan jika Anda memilih rilis ini. Namun jika Anda memiliki masalah hardware pada rilis LTS, Anda mungkin akan menemukan dukungan yang lebih baik untuk hardware Anda pada rilis terbaru (bukan LTS).
Lalu ada pertanyaan lebih baik 64-bit atau 32-bit. Lebih baik Anda memilih 64-bit kecuali komputer yang Anda gunakan adalah komputer tua/lama. Dulu banyak yang mengatakan bahwa Anda tidak harus menggunakan 64-bit kecuali Anda memiliki RAM 3Gb atau lebih, kini Anda bisa mengabaikan hal itu. Perlu diketahui bahwa semua sistem harus mengambil keuntungan dari 64-bit bahkan jika kita memiliki RAM yang kecil.

Mebuat Bootable Linux Dengan USB

Setelah downlaod selesai dan Anda memiliki file ISO, saatnya untuk menulisnya ke USB Flash Drive Anda. Di bawah ini adalah panduan yang bisa diikuti sesuai Sistem Operasi apa yang digunakan.

Windows

Untuk pembuatan bootable Linux usb di Windows banyak sekali tools yang bisa digunakan seperti LinuxLinve USB Creator, Unetbootin. Saya sendiri terbiasa menggunakan YUMI. Download Yumi, dan jalankan.
Cara Menginstall Linux Ubuntu Menggunakan USB Flashdisk - YUMI
Jalankan YUMI.
Pilih lokasi Flash Drive.
Ceklist Fat32 Format (Untuk memformat USB menjadi FAT32).
Pilih distro.
Pilih File ISO.
Tentukan besar persistent file, digunakan untuk menyimpan file saat dalam keadaan boots secara live, secukupnya.
Klik Create.
Jika muncul kotak dialog, klik  Ok. Proses akan berjalan, tunggu sampai selesai.

Linux

Pertama selamat jika Anda sudah menggunakan Linux, hal yang akan kita lakukan adalah membuat bootable linux untuk USB. Anda harus mengetahui dimana lokasi Flash Drive tersebut (apakah /dev/sdbX, /dev/sdcX, dll). Cek dulu, ikuti langkah barikut ini :
df -h 
Pastikan terlebih dahulu yang mana FLash Drive Anda. Dlam hal ini, flash drive yang saya gunakan merujuk pada file system /dev/sdb1.
~$ sudo dd if=./ubuntu-14.04-desktop-i386.iso of=/dev/sdb1

Perintah di atas menulis instalasi ISO (ubuntu-14.04-desktop-i386.iso) ke Flash Drive (/dev/sdb1).

~$ sudo eject /dev/sdb1

Memastikan semua sudah dilakukan dengan benar, dan mengeluarkan Flash Drive dari komputer.

Penggunaan USB Drive Untuk Instalasi

Selamat Anda telah berhasil membuat bootable dengan USB Flashdisk. Kini saatnya Anda menggunakan bootable itu. Caranya cukup mudah, restart ulang komputer Anda. Masuk ke BIOS, lalu atur booting pertama untuk USB yang digunakan. Simpan pengaturan, jalankan instalasi seperti biasanya.
Jika ada pertanyaan tentang topik ini, silahkan Anda bertanya pada kolom komentar.

  • BimBoX

    min,saya tanya sedikit,kalau habis melakukan ini OS linuxnya permanen nggk min,mksdnya kalau kita nyalakan pc lagi itu ubuntu nya tersedia di pilihan OS nggk ??