Tips Tutorial

Cara Mudah Disable Tombol Power di Keyboard Pada Windows 10


Sering kita jumpai laptop yang mana tombol power berada di ujung kumpulan tombol keyboard. Karena posisinya tersebut, tak ayal malah membuat masalah baru untuk kita meskipun kecil. Kebanyakan laptop pada era sebelum-sebelumnya biasanya pada posisi ujung keyboard terdapat tombol DEL yang sering kita gunakan untuk menghapus ketika sedang mengetik. Kebiasaan menggunakan tombol DEL itu sudah melekat pada naluri jari kita saat mengetik. Karena posisi tersebut sudah dialokasikan menjadi tombol power pada beberapa laptop, sering kali kita lupa kalau itu bukanlah tombol DEL  melainkan tombol power. Jadi ketika kita sedang mengetik dan ingin menghapus, bukannya huruf-huruf terhapus malah laptop langsung SLEEP. 😀

Saya disini akan memberikan sedikit tips untuk menonaktifkan fungsi tombol Power tersebut. Tombol power tersebut akan tidak berguna ketika laptop masih dalam kondisi hidup. Kalau dalam kondisi mati, tombol tersebut tetap masih bisa digunakan untuk menghidupkan laptop.

Cara Disable Tombol Power Pada Keyboard

Pertama kita bisa buka Control Panel kemudian pilih System Security.

Setelah itu pilih menu Power Options.

Nah di tab sebelah kiri pilih menu “Choose what the power button do”.

Setelah itu ganti pilihan pada “When I press the power button”. Pilih “Do nothing” agar ketika kita tekan tombol power, tidak ada efek apa-apa.

Kalau sudah klik tombol Save Changes.

Kira-kira itulah cara untuk menonaktifkan tombol power. Selamat mencoba semoga berhasil.