Uncategorized

Cara Mudah Install Webmin di Linux Ubuntu Server


Cara Mudah Install Webmin di Linux Ubuntu Server – Apa sih Webmin itu?? Webmin merupakan aplikasi berbasis web yang dignuakan sebagai tools sistem administrasi pada linux. Maksudnya adalah kita bisa memanagement linux server melalui web browser dengan bantuan dari Webmin ini.

Karena biasanya untuk melakukan konfigurasi kita selalu mengandalkan Command User Interface, yang mengharuskan kita memasukan perintah-perintah Linux pada terminal. Jelas ini menjadi sedikit menyulitkan kita jika belum terbiasa. Nah, untuk mengatasi masalah itu, kita bisa menggunakan webmin untuk mengelolanya melalui web. Pada artikel ini saya akan memberikan tutorial sederhana bagaimana cara menginstall webmin di Linux Ubuntu Server.

Cara Install Webmin di Linux Ubuntu Server

Step 1: Download aplikasi webmin

Anda bisa langsung mendownload paket-paket aplikasi webmin dari terminal menggunakan perintah berikut ini:

sudo wget http://ncu.dl.sourceforge.net/project/webadmin/webmin/1.680/webmin_1.680_all.deb

atau bisa juga mendownloadnya dari komputer lain. Nah setelah download, kamu bisa upload ke server Linux melalui winscp.

Step 2: Install Webmin

Gunakan perintah ini pada terminal Linux Ubuntu Server, pastikan juga posisi Anda sudah berada pada direktori dimana aplikasi webmin tadi di download.

sudo dpkg -i webmin_1.680_all.deb

Namun, jika terdapat pesan error saat menginstall, gunakan perintah dibawah ini.

sudo apt-get install -f

Setelah itu jalankan lagi perintah yang pertama untuk menginstall kembali aplikasi webminnya. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Step 3: Akses Webmin melalui web browser

Kamu bisa mengaksesnya melalui web browser dengan cara menuliskan IP address atau hostnamenya dan diikuti dengan nomor port 10000. Contohnya, seperti gambar di bawah ini.

Cara Mudah Install Webmin di Linux Ubuntu Server

 

Cara Mudah Install Webmin di Linux Ubuntu Server

Login menggunakan user dan password komputer servernya. Setelah login status Anda adalah sebagai super user yang mana Anda bisa melakukan apa saja terhadap komputer server melalui webmin tersebut.Jadi, konfigurasi linux tidak perlu lagi menggunakan syntaks melalui terminal. Aplikasi webmin ini juga bisa kamu manfaatkan bagi yang memiliki VPS, guna kemudahan me-remote nya. Semoga bermanfaat. 🙂

Baca juga:


'